7 Hal yang Menyebabkan Ketiak Hitam dan Caranya Mengatasi; Meski Bagian Tertutup, Tapi Cukup Mengganggu!
Ilustrasi penyebab ketiak hitam dan cara mengatasi (Unsplash/Autri Taheri)

Bagikan:

PALEMBANG- Salah satu penyebab terjadinya masalah pada warna kulit adalah penggunaan produk personal care yang tidak sesuai. Selain itu, beberapa alasan yang membuat warna kulit berubah menjadi lebih gelap berkaitan dengan kondisi kesehatan. Termasuk ketika warna ketiak menjadi lebih gelap, ternyata enggak hanya disebabkan pemakaian deodoran.

Mengutip Romper, Senin, 20 Desember, sebuah studi tahun 2014 oleh Indian Dermatology Online Journal menemukan bahwa 74 persen orang mengalami ketiak gelap pada usia tertentu. Setiap faktor yang menyebabkan berkaitan dengan usia, berat badan, dan ras.

Menurut dokter Rachel Nazarian, seorang dokter kulit di New York, mengatakan bahwa masalah ketiak hitam lebih banyak memicu rasa tidak nyaman daripada masalah medis. Tuturnya, penggelapan ketiak saja mungkin masalah sederhana berkaitan dengan kosmetik. Tetapi apabila diikuti perubahan tekstur, menjadi lebih tebal atau lebih lembut, maka Anda harus memeriksakannya ke dokter kulit.

Tambah Nazarian, kondisi menggelapnya warna kulit di ketiak, umumnya bersifat jinak yang bahkan bisa turun temurun. Berikut faktor-faktor yang menyebabkan warna kulit ketiak menggelap.

1. Mengalami iritasi

Ketiak merupakan lipatan tubuh yang mudah sekali mengalami iritasi. Menurut Adam Friedman, MD., FAAD., orang yang berkulit lebih gelap perlu menyadari bahwa semakin mudah mengalami iritasi.

Ini terjadi sangat umum, menurut perkiraan yang tertulis dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology memperkirakan berdampak pada 45-83 persen orang. Jadi, jika ketiak Anda menghitam cobalah untuk mengganti produk personal care, salah satunya deodoran.

2. Gangguan hormonal

Perubahan hormon memengaruhi warna kulit Anda, termasuk warna ketiak. Ketidakseimbangan dalam produksi juga bisa jadi faktor penyebabnya. Ini terjadi ketika melanosit, sel yang menyebabkan pigmentasi kulit, dirangsang oleh kadar progesteron dan estrogen yang tidak normal.

Kondisi ini kerap dialami wanita yang sedang hamil atau mereka yang menggunakan kontrasepsi hormonal. Jadi apabila mengalaminya, konsultasikan pada dokter Anda.

3. Efek samping obat

Friedman menambahkan, obat tertentu bisa memicu warna ketiak Anda menggelap. Obat tersebut termasuk asam nikotinat, insulin, ekstrak hipofisis, kartikosteroid sistemik, dan dietilstilbestrol. Ini tidak berbahaya, ungkap Freidman, tetapi konsultasikan pada profesional untuk memastikan penyebabnya.

4. Sel kulit mati menumpuk

Penyebab umum lainnya, pigmentasi gelap di ketiak karena sel-sel kulit mati. Sel kulit mati terkumpul bisa meningkatkan proses pigmentasi dan bagian tubuh yang tersembunyi seperti ketiak sensitif dengan penumpukan sel kulit mati. Cara mengatasinya, lakukan eksfoliasi dengan scrubbing atau menggunakan lulur mengandung eksfoliator untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Salah cara mencukur

Mencukur ketiak adalah hal yang kerap dilakukan oleh perempuan. Ini menjadi penyebab yang sangat mungkin terjadinya hiperpigmentasi setelah terjadi iritasi. Kata Nazarian, umumnya disebabkan oleh mencukur, menggosok, atau menggaruk kulit ketiak sehingga bisa mengiritasi.

Alih-alih mencukur, disarankan menghilangkan rambut ketiak dengan waxing karena bisa mengangkat hingga akar, bukan hanya permukaannya saja.

6. Mengalami Acanthosis nigricans (AN)

Acanthosis nigricans, menurut American Academy Dermatology, adalah suatu kondisi yang menyebabkan satu atau beberapa area kulit menjadi gelap serta menebal. Kulit terlihat seperti beludru ini diberkaita dengan obesitas. Pada seseorang dengan obesitas, perubahan warna kulit terjadi sebagai akibat dari peningkatan gula dalam tubuh. Misalnya pada kulit bagian leher belakang, siku, lutut, atau bahkan bawah payudara.

7. Resistensi insulin

Masih berkaitan dengan Acanthosis nigricans, menurut American Diabetes Association, AN adalah indikator awal yang umum dialami orang dengan diabetes tipe 2. Di mana dalam kondisi tersebut tubuh tidak memproses insulin sebagaimana mestinya. Untuk faktor penyebab yang terakhir ini, artinya Anda perlu mengatasi kondisi kesehatan secara keseluruhan disamping memberikan perawatan rutin pada kulit Anda.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.