8 Pelajaran Berharga yang Diberikan oleh Ibu Tanpa Pamrih, Tidak Pernah  Bisa Kita Gantikan; Selamat Hari Ibu!
Ilustrasi pelajaran yang diajarkan oleh ibu dengan tanpa pamrih (iStockphoto)

Bagikan:

PALEMBANG - Setiap bulan Desember pada tanggal 22, Masyarakat Indonesia memperingati Hari Ibu setiap tahunnya. Setiap ibu perlu mendapatkan apresiasi atas jasa-jasanya kepada anak-anak, keluarga , dan masyarakat.

Peringatan tanpa menyelami hal-hal monumental yang bintangnya di dalamnya tentu tak akan terasa bermakna, bukan? Mengingat Hari Ibu , ini hal monumental yang diajarkan oleh ibu dengan tanpa pamrih.

  1. Kerja keras

Sejak bulan pertama mengandung, ibu bekerja keras untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan kecil dalam tubuhnya. Ini merupakan sebuah proses yang tak mudah, tetapi tetap menjadi ibu jalan tanpa meminta ketidakseimbangan.

  1. Pengorbanan

Ibu berkorban apapun untuk buah hati, mulai dari rasa tidak nyaman ketika semakin besar, melahirkan yang membutuhkan pengorbanan besar bahkan bertaruh nyawa, hingga anggota sama anak-anak untuk mencapai cita-cita.

  1. Memaafkan

Barton Goldsmith, Ph.D., penulis dan psikoterapis, dilansir Psychology Today, Rabu, 22 Desember, mengatakan bahwa para ibu memiliki sifat yang pemaaf. Dari ibu, seseorang bisa belajar bagaimana memaafkan kesalahan tanpa meminta balasan apapun.

  1. Jadi pendengar yang baik

Seorang ibu dalam keluarga merupakan tulang punggung emosional. Setiap orang yang bercerita segala permasalahan dengannya, dan mendengarkan saksama penuh cinta kasih. Bahkan ia membantu menyelesaikan masalah meski tak mendapatkan apapun kecuali hal.

5. Perhatian

Saat seseorang ingin mendaki gunung tertinggi berkaitan dengan cita-cita atau mimpi, ibu membuatkan sarapan dan menjaga diri agar tidak terjatuh karena kerikil kecil. Ibu memberikan perhatian sebagai seseorang yang mendukung pencapaian impian ketika orang lain abai.

6. Membangun batasan

Jika ibu banyak memberi petuah, ini adalah caranya untuk membangun batasan. Mengingatkan tentang apa yang memicu masalah, atau apa yang membuat seseorang merasa lebih nyaman dan hidup aman.

7. Mengingat hal-hal kecil

Mulai dari dasi yang terlihat kusut hingga kaus kaki yang sedikit robek, ibu memperhatikan hal-hal kecil yang sering kali luput dari pandangan. Bahkan, insting seorang ibu lebih kuat untuk menjaga buah hati dalam kondisi aman menyongsong masa depan.

8. Kemandirian

Ibu yang mengurusi pekerjaan rumah, mulai dari membuat kopi, memisahkan pakaian dan siap pakai, merapikan meja, hingga PR dan mendapatkan nilai bagus saat masih sekolah. Ini tentang cara berpikir lebih dewasa sehingga bisa mandiri menyelesaikan pekerjaan rumah.

Demikian hal-hal monumental yang tidak diajarkan secara sadar oleh ibu. Maka tak ada salahnya menunjukkan kepedulian pada ibu Anda bahwa mereka bermakna dalam hidup, seperti melemparkan senyum, memberi pelukan hangat, serta doa.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .