Wali Kota Palembang Akan Menata Kampung Kreatif Menjadi Objek Wisata Rakyat
Wali Kota Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Program Kampung Kreatif disiapkan oleh Harnojoyo, Wali Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Program tersebut diprakarsai oleh masyarakat kota setempat dan ini menjadi tempat wisata rakyat.

Menurut Harnojoyo di Palembang, Sumatera Selatan, Minggu, langkah itu sebagai bentuk penghargaan Pemerintah Kota Palembang kepada masyarakat yang sudah secara gotong-royong menata kampungnya menjadi bersih dan indah.

“Seperti Kampung Sugiwaras Kelurahan Talang Jambe, Kecamatan Sukarami ini salah satunya, sangat kreatif barang-barang bekas dimanfaatkan menjadi ornamen penghias yang elok dipandang, kami siapkan untuk jadi tempat wisata,” kata Harnojoyo di Palembang, Minggu.

Program Pembersihan Lingkungan Masyarakat Palembang

Masyarakat di sini, lanjutnya, mengagendakan setiap Sabtu dan Minggu untuk melakukan pembersihan lingkungan yang mereka lakukan itu sejalan dengan program pemerintah.

Oleh tangan kreatif masyarakat barang-barang bekas seperti botol plastik, payung bekas, ban dan cat bekas meriahkan penampilan Kampung Sugiwaras Kelurahan Talang Jambe.

Selain itu tanaman-tanaman hiaspun ditata sedemikian rupa sehingga bukan hanya sekedar indah namun juga suasananya menjadi sejuk.

Kampung Kreatif dapat Menambah Penghasilan Masyarakat

Menurutnya, kampung kreatif serupa ini bukan satu-satunya yang ada di Kota Palembang di beberapa kecamatan lain seperti Plaju dan Ilir Barat 1 juga demikian.

Maka gerakan seperti itu perlu didukung semaksimal mungkin sehingga membudaya di masyarakat, sekaligus bisa menambah penghasilan mereka bila dibuka jadi tempat wisata.

“Sebagai bentuk dukungan pemerintah apa yang dibutuhkan masyarakat seperti peremajaan infrastruktur jalan dan pembuatan drainase kami realisasikan segera, supaya mereka lebih maju,” ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.