Pemkot Palembang Berupaya Normalisasi 21 Anak Sungai Musi yang Mengalami Pendangkalan
Ilustrasi Sungai Musi (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Normalisasi atau fungsi 21 anak Sungai Musi sedang diupayakan oleh Pemkot Palembang, Sumatera Selatan . Program itu dilakukan karena sungai tersebut mengalami pendangkalan.

"Berdasarkan data, ada 21 anak sungai yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya akibat mengalami pendangkalan, untuk memfungsikannya kembali secara bertahap segera dilakukan normalisasi," kata Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Kamis.

Fungsi Sungai dan Anak Sungai Musi Palembang

Menurut dia, banyak anak sungai yang berada di sekitar kawasan ini penduduknya tidak bekerja dengan baik, salah satu penyebab banjir setiap turun hujan deras dalam waktu yang cukup lama.

Fungsi sungai dan anak sungai sebagai salah satu media tampung dan resapan udara sehingga harus dijaga dengan baik.

Selain itu juga berfungsi sebagai sumber air warga kota ini, sarana transportasi air, pusat ekonomi dan dapat dikembangkan menjadi objek wisata air andalan di Ibukota Provinsi Sumsel itu.

Dengan normalisasi diharapkan Sungai Musi dan anak sungainya dapat bekerja dengan baik dan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh warga kota ini, katanya.

Nomalisasi 21 Anak Sungai Musi Dilakukan Secara Bertahap

Dia menjelaskan, untuk melakukan normalisasi 21 anak yang telah didata tersebut, berupaya berupaya secara bertahap sesuai dengan skala prioritas karena terbatasnya dana. Untuk menata satu-satunya sungai saja membutuhkan anggaran sekitar Rp400 miliar.

Anak sungai yang paling pendangkalannya segera dilakukan normalisasi, sedangkan jika mengalami pendangkalan akan dilakukan perbaikan dan pengerukan ringan, ujar Harnojoyo.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .