Kabupaten Muba Salurkan Dana Hibah Rp10 miliar untuk Pengembangan 73 Pondok Pesantren
Plt Bupati Muba (foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Dana hibah senilai Rp10 miliar digelontorkan oleh Pemkab Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, guna mengembangkan 73 pondok pesantren pada 2021.

Beni Hernendi, Plt Bupati Bupati Muba, pada acara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021 di Kecamatan Tungkal Jaya, Selasa, mengatakan pemkab memiliki kepedulian terhadap pengembangan pondok pesantren, yang diwujudkan dengan pendirian Ponpes Salamun Aitam khusus santri yatim piatu dan dhuafa pada 2018.

Para santri yang menempuh studi di ponpes tak serupiah pun dipungut biaya. Semua digratiskan, mulai biaya sekolah hingga urusan mondok, kata dia.

Kemudian, perhatian itu berlanjut dengan membantu dana operasional puluhan pondok pesantren di Muba untuk mendorong peningkatan kualitas SDM.

Undang-undang Terkait Pondok Pesantren yang Diterbitkan Jokowi

Beni mengatakan Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat akan mengeluarkan UU terkait ponpes, bahkan presiden sudah menandatangani dana abadi pesantren yang bertujuan menjamin penyelenggaraan pesantren.

Dalam aturan disebutkan pembiayaan dan anggaran bagi ponpes wajib dialokasikan pemerintah daerah.

Belum ada aturan wajib dari pemerintah pusat saja. Pemkab Musi Banyuasin sudah  menganggarkan, apalagi ini jelas akan ada aturan wajibnya, kata Beni.

Terkait ini pemkab akan membuat regulasi agar tidak ada penyalagunaan dalam penggunanaan dana hibah.

Pemkab Muba Minta Pondok Pesantren Bantu Pencegahan COVID-19

Sementara Ketua Forum Ponpes KH Muhammad Nur Hidayat mengatakan bukan hanya alokasi dana hibah, pondok pesantren juga dibantu beras selama COVID-19. Pada tahap pertama sebanyak 50 ton beras dan tahap kedua sebanyak 60,5 ton beras.

Kemudian Pemkab Muba juga memberikan bantuan tunai langsung untuk 1.000 orang ustadz dan ustadzah senilai total Rp1,8 miliar.

“Semoga kepedulian pemerintah ini terus berlanjut demi majunya kegiatan di Pondok Pesantren,” kata dia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.