22 Gubernur Terjerat Kasus Korupsi, Ketua KPK Firli Bahuri Menyatakan Prihatin
Gedung KPK (DOK VOI)

Bagikan:

PALEMBANG - Firli Bahuri, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mengungkapkan keprihatinan adanya 22 gubernur dari 34 provinsi di Indonesia yang terjerang kasus korupsi. Sementara itu, tindak rasuah juga dilakukan olehh ratusan bupati dari 542 pemerintah kabupaten/kota.

"Catatan KPK para gubernur sudah 22 orang tersangkut korupsi padahal provinsi kita hanya 34. Dan 122 bupati dari 542 pemerintah kabupaten/kota tersangkut korupsi. Ini angka yang menjadi keprihatinan kita semua," kata Firli Bahuri dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Jumat, 8 Oktober.

Hanya saja, eks Deputi Penindakan KPK itu tidak memaparkan siapa saja gubernur tersebut dan kasus korupsi yang menjeratnya.

Strategi Pemberantasan Korupsi dengan Tiga Pendekatan

Atas alasan ini, Firli menganggap strategi pemberantasan korupsi dengan mengintegrasikan tiga pendekatan seperti pendidikan, pencegahan, dan penindakan sudah tepat.

Upaya penindakan, kata Firli, untuk memberikan efek jera sementara pendidikan untuk mencegah keinginan dan perilaku koruptif. "Serta perbaikan sistem untuk mencegah dan menutup peluang korupsi," tegasnya.

Ketua KPK Tingkatkan Tumbuhkan Integritas untuk Mencegah Korupsi

Selain itu, Firli juga mengatakan pihaknya terus mendorong peningkatan integritas para penyelenggara negara. Hal ini merupakan wujud dari amanat perundangan agar KPK melakukan tindakan mencegah terjadinya praktik korupsi.

"Membangun integritas merupakan salah satu upaya mencegah korupsi dengan memberikan pemahaman antikorupsi kepada penyelenggara negara di pemerintahan, Badan Usaha Milik Negara/Daerah, sektor swasta, hingga ke seluruh jejaring pendidikan," pungkasnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.