Babel Implementasikan RSUD Ir Soekarno Menjadi RS Rujukan Kardiovaskuler
Gubernur Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno segera dijadikan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung sebagai Rumah Sakit Rujukan Kardiovaskuler. Dengan begitu, warga yang mengalami penyakit jantung tidak perlu berobat ke luar daerah.

"Pada 28 Oktober tahun ini, RSUD Babel dengan RS Jantung Harapan Kita akan menandatangani kerja sama dalam pembinaan dan penanganan bedah jantung dan pembuluh darah," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Jumat.

Implementasi RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno Babel Menjadi RS Rujukan Kardiovaskuler

Ia menjelaskan RSUD Dr.(HC) Ir.Soekarno Babel sebagai Rumah Sakit Rujukan Kardiovaskuler merupakan implementasi dari Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/7182/2020 dan program pengampuan jejaring rujukan dan rujukan nasional kardiovaskular.

"Kami siap memberikan dukungan penuh terkait kerja sama dengan RS Jantung Harapan Kita ini agar RSUD Babel mampu melakukan penanganan bedah jantung dan pembuluh darah secara mandiri berbasis keselamatan pasien melalui pendidikan perawat dan dokter spesialis jantung daerah ini," katanya.

Menurut dia, saat ini Pemprov Kepulauan Babel secara bertahap akan memenuhi Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai tenaga kesehatan untuk dididik oleh RSJPDHK sebagai pengampu, termasuk sarana dan prasarana (Sarpras) dalam pelayanan penyakit jantung.

"Ini semua agar ke depan masyarakat Babel bisa berobat penyakit jantung cukup ke RSUD Soekarno Babel, sehingga tak perlu keluar kota, bahkan keluar negeri," katanya.

Bantuan Fasilitas Penanganan Kesehatan Jantung dari Pihak RSJPDHK

Selain itu, pihak RSJPDHK juga akan membantu peralatan kedokteran bedah jantung dan akan dibantu pendampingan saat awal pengoperasian penanganan bedah jantung. Dengan adanya fasilitas penanganan jantung tersebut, RS diharapkan mampu melakukan penanganan medis secara mandiri.

"Kami terus berkomitmen dan berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tidak hanya pelayanan jantung, tetapi semua bidang layanan lainnya demi memberikan pelayanan maksimal, salah satu caranya dengan pendirian sekolah kedokteran di Babel," katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.