Pemprov Sumsel Mendukung RUU EBT, Dapat Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Daerah
Wakil Gubernur Sumsel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Dukungan diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk Rancangan Undang-undang tentang Energi Baru dan Terbarukan. Pihaknya menilai RUU tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mendongkrak pembangunan di daerah penghasil minyak dan gas.

Mawardi Yahya, Wakil Gubernur Sumsel mengatakan provinsinya mendukung langkah yang diambil DPR ini karena telah menyerap aspirasi dari masyarakat Sumsel sebagai daerah penghasil migas.

“Tentunya Sumsel sangat mendukung asalkan ini membawa manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat,” kata Mawardi ketika menerima kunjungan kerja Badan Legislasi DPR di Auditorium Bina Praja Setda Provinsi Sumsel di Palembang, Kamis.

Adanya RUU EBT ini bukan hanya diharapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat tapi juga mendorong kemandirian energi nasional mengingat energi fosil yang tersedia saat ini semakin menipis.

“Jika tidak dimulai saat ini, kapan lagi. Karena cepat atau lambat energi fosil akan habis,” kata dia.

Badan Legislasi DPR RI Telah Menyimak Aspirasi dari Masyarakat

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Legislasi DPR Willy Aditya mengatakan Badan Legislasi DPR RI telah mendengar dan menyimak beberapa aspirasi yang disampaikan berbagai unsur di masyarakat.

“Kami perlu mendengarkan pemerintah daerah ketika kami merumuskan undang-undang tersebut,” kata dia.

DPR Mendengar Masukan dari Pemerintah Daerah Mengenai UU Pokok Agraria

Badan Legislasi DPR sejauh ini telah mendengarkan masukan dari pemerintah daerah penghasil migas, akademisi, dan lainnya untuk memenuhi hak masyarakat dalam menyampaikan pendapat.

Terdapat beberapa catatan DPR, diantaranya penting adanya harmonisasi dengan undang-undang lain seperti Undang-Undang Pokok Agraria.

“Inilah fungsi kami sebagai badan legislasi untuk melakukan harmonisasi dengan semua Undang-Undang dan kondisi yang terjadi di lapangan,” kata dia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.