Polri Akan Merilis Aplikasi e-AVIS untuk Memudahkan Warga Buat SIM secara Online
Aplikasi layanan SIM Online (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Aplikasi Electronic Audio Visual Integrated System (e-AVIS) akan segera diluncurkan oleh Polri guna memudahkan masyarakat dalam mengurus pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). 

"Aplikasi ini memungkinkan masyarakat untuk melakukan ujian teori itu di rumah ataupun ujian di Satpas SIM," kata Perwira Administrasi (Pamin) Teori Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polda Metro Jaya , Ipda Aditya Ambarsari mengutip Antara, Selasa, 21 September.

Aditya menjelaskan, aplikasi tersebut dibuat agar warga tidak perlu lagi mendatangi kantor Satpas untuk membuat SIM.

Pembuatan SIM Melalui Aplikasi e-AVIS

Selain itu, aplikasi ini juga bisa meminimalisir aktivitas calo pembuatan SIM. Warga nantinya bisa mendapatkan aplikasi tersebut dari tautan yang akan disosialisasikan kepolisian dalam waktu dekat.

Lewat tautan itu, katanya, warga masuk ke dalam aplikasi dan diharuskan mengisi beberapa data diri seperti nama, nomor induk kependudukan dan nomor telepon.

Setelah itu, warga diizinkan untuk mengerjakan soal tes yang telah disediakan di aplikasi tersebut.

Pengerjaan soal pun, lanjut Ambar, akan dipantau secara langsung melalui kamera yang terhubung oleh petugas.

"Di aplikasi itu, kita harus merekam. Jadi, mukanya direkam saat mengerjakan soal saat mengerjakan. Jadi,  live ," katanya.

Setelah dinyatakan lulus dari tes teori, warga bisa langsung mengikuti tes kesehatan dan praktik yang dilaksanakan langsung di Satpas SIM.

Ujia Coba Aplikasi e-AVIS Pembuatan SIM Online

Walau belum diresmikan, aplikasi ini sudah dilakukan uji coba pada 8 September lalu di Satpas SIM Daan Mogot. Saat itu sudah ada 110 warga sudah memakai aplikasi tersebut untuk menjalani ujian teori.

Namun demikian, ke-110 warga itu tidak menggunakan aplikasi tersebut dari jarak jauh melainkan melalui komputer yang disediakan di Satpas SIM Daan Mogot.

Ambar berharap aplikasi ini dapat bekerja maksimal dalam membantu warga membuat SIM selama masa pandemi.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .