Masyarakat Sumatera Selatan Harap Waspada Ancaman Bencana Alam
Rumah warga rusak diterpa puting beliung Desa Mukti Jaya Kecamatan Muara Telang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Bencana alam sedang menjadi ancaman di wilayah Provinsi Sumatera Selatan. Intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir berpotensi mendatangkan angin puting beliung, tanah longsor, dan banjir bandang.

Kapala Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD) Sumatera Selatan Ansori, Kamis, mengatakan daerah tersebut antara lain Kota Palembang, Pagaralam, Lubuk Linggau, Kabupaten Lahat, Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin, dan Banyuasin.

“Kalau sesuai dengan karakteristik wilayahnya masuk dalam ancaman bencara itu,” kata dia.

Kota Palembang Tergenang Banjir Setinggi 1 Meter

Ia menjelaskan pada Rabu (1/9), sedikitnya 12 wilayah di Kota Palembang tergenang banjir setinggi 1 hingga 1,5 meter yang menyebabkan kemacetan kendaraan di ruas jalan.

Lalu di hari yang sama dilaporkan 15 rumah warga di Desa Mukti Jaya Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin mengalami rusak berat akibat terpaan angin puting beliung, sementara juga di Kabupaten Lahat mengalami hal yang sama.

Daerah di Sumsel yang Masuk Peta Bencana Alam Besar

Namun, meskipun daerah-daerah tersebut masuk dalam peta bencana alam besar, pihaknya belum menetapkan status kedaruratan karena saat ini baru mulai masuk musim penghujan.

Sekaligus juga masih fokus menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang saat ini berstatus siaga darurat bencana.

“Belum karena saat ini baru mulai masuk musim penghujan, kami masih menetapkan status darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutlah),” ujarnya.*

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.