BPBD OKU Himbau Masyarakat Waspada Ancaman Banjir Bandang
Peta prakiraan cuaca Sumsel (foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Warga Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, diminta oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk waspada terhadap ancaman bencana banjir bandang yang bisa melanda kapan saja, terlebih saat musim hujan.

Gunalfi, Manager Pusdalops BPBD OKU, menerangkan curah hujan tinggi sejak beberapa hari terakhir berpotensi banjir bandang.

Ia mengatakan banjir bandang sering kali terjadi di Kabupaten OKU yang merendam ratusan rumah warga, bahkan merusak sejumlah fasilitas umum lainnya.

"Daerah yang menjadi langganan banjir bandang setiap tahun itu berada di Kecamatan Ulu Ogan dan Muara Jaya," katanya.

Upaya BPBD OKU Mengantisipasi Bencana Banjir Bandang

Oleh karena itu, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana alam agar tidak menimbulkan korban jiwa.

"Khususnya masyarakat yang bermukim di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Ogan harus selalu waspada," ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir, pihaknya melakukan berbagai upaya mulai dari membersihkan titik-titik potensi sumbatan yang berpotensi membendung saluran air sungai.

BPBD OKU Lakukan Kesiapsiagaan Mengantisipasi Ancaman Bencana Banjir Bandang

BPBD OKU juga melakukan kesiapsiagaan untuk evakuasi saat hujan deras dan mengeluarkan peringatan dini berbasis masyarakat agar selalu waspada.

"Untuk posko dan semua peralatan penanggulangan semuanya sudah kami persiapkan guna menanggulangi bencana alam sedini mungkin," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.