Gempa Getarkan Melonguane Sulut dan Mamasa Sulbar pada Dini Hari
Inilah estimasi pusat gempa yang terjadi di Mamasa Sulbar dari BMKG. (Sumber BMKG)

Bagikan:

PALEMBANG - Rabu, 21 Juli 2021, dua daerah di Pulau Sulawesi diguncang gempa bumi . Situs resmi BMKG mengabarkan getaran yang terjadi di Melonguane Sulawesi Utara (Sulut) dan satu lagi di daerah Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat (Sulbar).

Gempa yang melanda Melonguane, Sulut, pukul 03.26.48 WIB tersebut berkekuatan magnitudo 5,3.

Episentrum gempa berada di 5,59 Lintang Selatan dan 126,72 Bujur Timur sejauh 176 kilometer timur laut Melonguane, Sulawesi Utara dengan kedalaman 91 kilometer. Gempa diinformasikan tak mungkin tsunami.

Laporan BMKG Gempa Sulut dan Sulbar

BMKG meminta masyarakat tetap waspada terhadap potensi gempa bumi susulan. "Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," demikian BMKG seperti dilansir  Antara .

#Gempa  Mag:4.0, 21-Jul-21 04:40:29 WIB, Lok:2.89 LS, 119.36 BT (Pusat gempa berada di darat 9 km tenggara Mamasa), Kedlmn:5 Km Dirasakan (MMI) III Mamasa  #BMKG  pic .twitter.com/YPGj8fFir8

Korban Jiwa dan Kerugian Gempa Sulut dan Sulbar

Sementara itu gempa yang mengguncang Mamasa berkekuatan magnitudo 4,0 terjadi pada Rabu sekira pukul 4.40 WIB. Episentrum gempa yang terjadi di sini berpusat di darat 9 km Tenggara Mamasa.

Belum ada laporan kerugian dan korban akibat gempa di Melonguane Sulut dan Mamasa Sulbar, sampai berita ini dibuat BMKG .

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel .