Nasabah BCA Wajib Ganti Kartu Debit Magnetik ke Chip Sebelum Diblokir per 1 Januari 2022
Ilustrasi kartu debit BCA (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kartu debit berbasih chip telah diluncurkan oleh bank-bank nasional. Pihak bank akan menghapus kardu debit model magnetic stripe dalam waktu dekat.

Pelanggan yang masih menggunakan jalur magnetik kartu debit diminta segera mengganti dengan kartu yang bermodel chip. Penggantian kartu tersebut sesuai dengan Arahan Bank Indonesia melalui SE BI No.17/52/DKSP. Dalam surat edaran itu dikatakan penggunaan kartu  magnetic stripe  hanya diperbolehkan pada kartu ATM atau debit tertentu saja.

Jika masih ada nasabah yang memakai  magnetic stripe, kartu mereka akan diblokir. Namun, di setiap bank memiliki jadwal pemblokiran yang berbeda-beda, seperti BCA yang baru akan melakukannya pada awal 2022.

Mengutip  bca.co.id , Selasa 22 Juni, Bank BCA memberi waktu bagi nasabah pemegang kartu ATM BCA atau kartu Paspor BCA untuk mengganti kartu ATM berbasis chip sebelum 31 Desember 2021. Ada tiga alasan nasabah harus pindah ke kartu debit berteknologi  chip .

Pertama, chip kartu debit, misalnya BCA Mastercard, bisa melakukan transaksi debit online. Hal itu dilakukan dengan cara mengaktifkannya lewat BCA mobile.

Penggantian Kartu BCA Chip untuk Foto Keamanan Transaksi

Alasan kedua, Bank Indonesia sudah mencanangkan implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan penggunaan 6 Digit PIN untuk kartu ATM /Kartu Debet yang diterbitkan di Indonesia sejak beberapa tahun lalu.

"Jadi, kamu harus segera mengganti Paspor Chip daripada nantinya tidak dapat digunakan karena bank-bank dan  merchant-merchant  sudah mulai mengganti mesin EDC yang bisa membaca kartu  chip  secara bertahap," tulis BCA. 

strip magnetik secara teknologi lebih mudah menyalin data  dibandingkan chip kartu yang secara teknologi lebih maju. Jadi, kartu strip magnetik itu lebih berisiko terkena kejahatan  online . Semakin cepat kartu dilakukan maka akan semakin baik untuk meningkatkan keamanan dalam bertransaksi.

Penggantian Paspor BCA Chip Dilaksanakan di Seluruh Cabang BCA

Efektif 1 Januari 2022, Paspor BCA lama berbasis  magnetic stripe  praktis sudah tidak dapat digunakan lagi untuk bertransaksi. Pelanggan dapat mengunjungi kantor cabang BCA untuk menukarkan Paspor BCA lama melalui Customer Service.

Penggantian ke Paspor BCA berbasis chip dapat dilakukan di seluruh cabang BCA di seluruh Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat melakukan penukaran kartu di mesin CS Digital.

CS Digital adalah layanan bagi nasabah untuk melakukan transaksi perbankan yang terkait dengan layanan CS dalam satu mesin secara  mandiri  di cabang. Jangan lupa siapkan KTP dan Paspor BCA lama untuk menukarkan kartu ATM lama dengan kartu  chip

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel .