Memasuki Musim Kemarau, Satu Hektar Lahan di OKU Terbakar
Tim BPBD OKU meninjau lokasi karhutla di Desa Terusan, Kecamatan Baturaja Timur (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Satu hektare lahan di Kabupaten Ogan Komering Ulu , Provinsi Sumatera Selatan terbakar. Kebakaran lahan warga jelang musim kemarau tersebut terlupakan dipantik oleh puntung rokok yang tidak dibuang.

Amzar Kristopa, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU, Dibantu Manajer Pusdalops, Gunalfi di Baturaja, Rabu, menjelaskan peristiwa kebakaran lahan ini terjadi di Desa Terusan, Kecamatan Baturaja Timur, pada Selasa (08/06) sekitar 14.30 WIB.

BPBD Bergerak Cepat Memadamkan Kebakaran Lahan di OKU

Karhutla yang diduga karena puntung rokok ini menghanguskan setidaknya satu hektar lahan milik warga yang belum ada tersebut.

Beruntung, akibat peristiwa tersebut tidak menimbulkan kabut asap karena api cepat dipadamkan oleh petugas BPBD OKU dibantu masyarakat sekitar.

"Begitu mendapat laporan warga petugas kami menyiapkan peralatan karhutla dan langsung terjun ke lokasi untuk melihat api," katanya.

BPBD OKU juga saat ini melakukan upaya pendinginan menggunakan peralatan lengkap agar api tidak menyebar luas.

"Untuk situasi di saat ini kondusif karena api sudah tidak menyebar lagi," katanya.

BPBD OKU Mengedukasi Masyarakat Tentang Antisipasi Karhutla

Untuk mengantisipasi hal serupa terjadi, kata dia, melakukan patroli di lokasi kebakaran sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar tentang larangan membuka lahan dengan cara dibakar.

dan meminta masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Jangan sampai membuang area lahan yang mudah terbakar karena dapat mengakibatkan karhutla .

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI .