BPBD Belitung Ingatkan Masyarakat Waspada Bencana Karhutla
Kepala Plh BPBD Belitung, Hendri Suzanto (Antara/Kasmono)

Bagikan:

PALEMBANG- Masyarakat Kabupaten Belitung dihimbau oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk waspada akan potensi terjadinya musibah kebakaran  hutan dan lahan pada saat musim kemarau.

"Diimbau seluruh lapisan masyarakat mewaspadai kebakaran hutan dan lahan, kebakaran sebenarnya sebuah resiko yang bisa muncul kapanpun dan di manapun baik di perkebunan, hutan belantara maupun rumah," kata Kepala Plh BPBD Belitung Hendri Suzanto di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, jika melihat kondisi cuaca sekarang ini maka dapat dikatakan sudah memasuki peralihan musim dari penghujan menuju kemarau.

"Hal ini ditandai dengan meningkatnya suhu panas bumi sehingga menyebabkan kadar air pada sejumlah lahan berkurang dan mengering sehingga sangat mudah terbakar," katanya.

Kebakaran Disebabkan oleh Faktor Alam dan Faktor Manusia

Ia menambahkan, kejadian kebakaran dapat disebabkan oleh dua faktor diantaranya faktor alam dan "human error" atau kesalahan manusia.

"Faktor 'human eror' seperti menghidupkan api atau membakar sampah kemudian ditinggalkan atau membuang puntung api rokok sembarangan di lahan kering yang mudah terbakar," katanya.

Musibah Kebakaran di Kabupaten Belitung

Disamping itu, lanjut Hendri, sejak Januari hingga Agustus pihaknya mencatat sebanyak sembilan kejadian kebakaran di daerah itu antara lain lima kebakaran rumah atau toko dan empat kebakaran hutan atau lahan.

"Sedangkan volume atau untuk luas kebakaran sekitar satu hektare sampai 1,5 hektare," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.