DPR Minta Kasus PNS "Hantu" Sejak 2014 Diusut; Data Tidak Ada, Namun Terima Gaji
Ilustrasi uang (Foto: Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG - Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua DPR RI, heran mendapat kabar adanya 97 ribu data pegawai negeri sipil (PNS) 'hantu' atau misterius.

Dia merasa bingung mengapa bisa ada hampir 100 ribu PNS yang datanya tidak jelas. Keterangan orangnya fiktif namun tetap menerima gaji PNS .

"Kita prihatin bisa kejadian ada PNS (fiktif, red) hampir 100 ribu dari tahun 2014 itu terus mendapatkan gaji," ujar Dasco di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 25 Mei.

Data PNS Fiktif Perlu Ditelusuri Lebih Lanjut

Dengan demikian, dia kedekatan pemerintah dan pihak yang terkait segera melakukan pembenahan sistem administrasi kepegawaian guna bergerak data-data tersebut. Mungkin, kata dia, administrasi perlu dibenahi dan mudah.

Larinya pembayaran uang negara tersebut kepada siapa? Kalau keliru sampai 10 sampai 15 orang kita masih bisa maklum, "tegas politikus Gerindra itu. 18 Mei 2021 20:15

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana Sebelumnya mengungkapkan pada 2014 pihaknya menemukan hampir 97 ribu data Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan atau Aparatur Sipil Negara (ASN) fiktif.

Data PNS Fiktif Sudah Ada Sejak 2002

Ribuan PNS yang tidak jelas wujudnya ini disebut menerima gaji dan dana pensiun.

Ternyata hampir 100 ribu, tepatnya 97 ribu data yang misterius. Dibayar gajinya, dibayar iuran pensiunnya, tapi tak ada orangnya, "kata Bima dalam tayangan YouTube Pengumuman BKN Kick Off Meeting Pemutakhiran Data Mandiri, Senin, 24 Mei.

Bima mengungkapkan bahwa data yang bermasalah ditemukan oleh pihaknya saat melakukan pemutakhiran data pada 2014. Itu berarti data fiktif tersebut sudah ada sejak mutakhir data pertama pada tahun 2002.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .