75 Pasutri di Sumsel Sukses Melakukan Program Bayi Tabung Perdana
Koordinator Pendidikan Konsultan Fertility dan Direktur RS Siloam Sriwijaya Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Program bayi tabung pertama kalinya di Sumatera Selatan (Sumsel) dilakukan oleh 75 pasangan suami istri. Program tersebut merupakan hasil awal dari kelompok dokter ahli fertilitas yang bekerja sama dengan Rumah Sakit Siloam Sriwijaya Palembang sejak Januari 2021.

Dr. dr. Rizani Amran, Koordinator Pendidikan Konsultan Kesuburan selaku inisiator, mengatakan bahwa peningkatan prosedur bayi tabung awalnya hanya 43 persen, namun telah meningkat menjadi 63 persen pada April 2021.

"Program bayi tabung di Sumsel baru ada di Palembang, tapi bisa melayani masyarakat dari seluruh Sumsel , "ujarnya, Kamis, 21 Mei.

Program Bayi Tabung Membantu Masyarakat Pasangan Infertilitas di Sumsel

Menurutnya program bayi tabung di Sumsel yang dinisiasi sejak 2010, baru dapat terealisasi saat ini karena proses perencanaan menghadapi banyak hal, mulai dari SDM hingga termasuk mencari rumah sakit partner.

Ia percaya program bayi tabung tersebut menjadi angin segar masyarakat di Sumsel yang sulit mendapatkan keturunan karena mengalami infertilitas atau masalah kesuburan.

Sebab selama ini banyak pasangan infertilitas dari Sumsel melakukan program bayi tabung di provinsi lain bahkan luar negeri sehingga menghabiskan biaya yang lebih tinggi.

Sementara masyarakat yang mengalami infertilitas di Sumsel tercatat mencapai 10 persen dari total 8,6 juta penduduk.

"Namun perlu diingat bahwa program bayi selalu terbayar dengan usia, sebaiknya segera deteksi masalah kesuburan, lebih muda maka lebih baik," kata dia.

Biaya dan Pelayanan Program Bayi Tabung di Sumsel

Sementara Direktur RS Siloam Sriwijaya Palembang dr. Bona Fernando menambahkan rata-rata pasien program bayi tabung berusia 30-35 tahun dengan pasien tertua yang telah berusia 41 tahun.

"Di antara yang berhasil ada yang sekarang mengandung bayi kembar," katanya.

Biaya program bayi tabung mencapai sekitar Rp60 Juta mencakup seluruh prosedura. Untuk layanan program bayi tabung dibuka di Klinik BlastulalIVF RS Siloam Sriwijaya Jalan POM IX Kota Palembang.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .