Menhub Memantau Belum Ada Pergerakan Arus Balik, Pemudik Masih Belum Kembali ke Perantauan
Ilustrasi lalu lintas (Foto: Jasa Marga)

Bagikan:

PALEMBANG - Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan (Menhub), menyatakan pergerakan arus balik belum terlihat hingga pada akhir pekan lalu. Berdasarkan hasil dari helikopter, lalu lintas jalur Cikopo hingga Palimanan, masih berstatus normal.

“Secara umum kami memperkirakan masyarakat masih melakukan kepulangan dari kampung halaman. Secara total, jumlah pergerakan pada arus balik kuantitatif di bawah 60 persen dari yang diperkirakan, "ujar Budi Karya dikutip dari laman resmi, Senin 17 Mei.

Menhub menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri dalam melakukan pengawasan arus lalu lintas di jalan raya, karena diperkirakan masih banyak masyarakat yang belum kembali.

Pemudik Dihimbau Untuk Melakukan Tes Kesehatan Secara Mandiri

Dia juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan tes kesehatan secara mandiri, sehingga tidak perlu lagi mengikuti tes acak guna menghindari penumpukan di posko pengecekan kesehatan.

“Semuanya bukan untuk menyusahkan saudara-saudara kita yang melakukan perjalanan. Tetapi ini merupakan upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Indonesia selepas masa lebaran, ”tuturnya

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan Posko Balonggandu sebagai salah satu tempat yang melakukan pengecekan tes kesehatan cepat antigen secara acak bagi pengendara sepeda motor dari arah timur yang siap memasuki wilayah Jabodetabek.

Arus Balik Diperketat Melalui Pengecekan Kesehatan Rapid Antigen

Mulai 15 Mei 2021, Pemerintah yang melakukan pengetatan arus pengguna kendaraan roda empat dan roda dua dari arah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dengan melakukan pengecekan kesehatan menggunakan antigen cepat secara acak.

Titik penyekatan atau titik pemeriksaan tes kesehatan ini untuk memastikan pengguna jalan tidak membawa virus ini kembali. Tiga titik yang diperketat yaitu sekitar Karawang tepatnya di Jembatan Timbang Balonggandu, Pos Tegal Gubug Susukan, dan wilayah Indramayu ke arah Jatibarang.

Muhadjir Effendy, Menko PMK, ikut bergabung dalam inspeksi lalu lintas di wilayah Pantura. Selain itu, hadir juga selaku Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi dan Cellica Nurachdiana Bupati Karawang.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .