Kasus COVID-19 di Babel Kembali Membawa Duka, 217 Pasien Meninggal Dunia
Proses pemakaman pasien COVID-19 meninggal di Bangka (Aprionis/Antara)

Bagikan:

Bangka Belitung- Laporan terbaru dari Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyebutkan empat orang pasien positif yang meninggal dunia.  Dari penambahan tersebut, total kasus kematian COVID-19 di Babel menjadi 217 orang.

"Dengan adanya penambahan pasien meninggal hari ini, maka tingkat kematian orang terkonfirmasi Covid-19 berada di angka 1,58 persen," tutur Andi Budi Prayituno, Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Babel , di Pangkalpinang, dilansir  Antara,  Senin, 3 Mei .

Ia mengatakan empati pasien COVID-19 meninggal pada Minggu malam itu, terkenal di Kabupaten Bangka dua orang dan Bangka Barat dua orang, sehingga total orang meninggal karena virus corona itu sudah mencapai 217 orang.

"Empat orang meninggal dunia ini berusia lanjut, karena adanya penyakit penyerta seperti diabetes dan jantung," katanya.

Keluarga Korban Meninggal COVID-19 Diminta Mengikuti Prosedur

Menurut dia pengurusan dan pemakaman jenazah pasien COVID-19 menjadi tanggung jawab pihak fasilitas pelayanan kesehatan dan satuan tugas. Protokol kesehatan harus diterapkan dalam pengurusan dan pemakaman jenazah pasien COVID-19 yang menggunakan risiko penularan virus.

"Kami mengharapkan masyarakat dan meminta pengertian pada pihak keluarga pasien yang meninggal dunia akibat COVID-19 untuk mengikuti prosedur yang ada, sembari mengikhlaskan keluarga yang meninggal dunia karena COVID-19 demi keselamatan dan pengertian bersama," katanya.

Pemakaman Jenazah COVID-19 Sesuai Prosedur Agar Tidak Menular

Ia menekankan pentingnya keluarga pasien yang meninggal dunia karena COVID-19 menaati prosedur pemulasaran jenazah dan pemakaman.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa bahwa sistem perencanaan pemulasaran dan pemakaman jenazah pasien COVID-19, virus korona penyakit menular ke keluarga dan warga. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI. Artikel ini telah tayang di VOI .