Satgas Babel Awasi Ketat Warga Suspek dan Kontak Erat Pasien COVID-19
Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa (ANTARA/Aprionis)

Bagikan:

PALEMBANG - Sejumlah 22.664 wargi diawasi oleh Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung karena berstatus suspek COVID-19. Selain itu, sebanyak 47.264 orang kontak erat dengan pasien positif corona juga dipantau secara ketat guna mencegah penyebaran virus corona baru.

"Kita bersama TNI, Polri, dan pemerintah desa mengawasi pergerakan warga berstatus suspek dan kontak erat dengan pasien positif COVID-19," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Jumat.

Data Kasus COVID-19 di Bangka Belitung

Berdasarkan data terbaru, jumlah kasus orang berstatus suspek mencapai 22.664 jiwa, kontak erat dengan pasien COVID-19 sebanyak 47.264 orang, kasus probable 33 orang, dan meninggal probable 37 jiwa.

Pasien terkonfirmasi COVID-19 bertambah 345 dengan kumulatif 45.773 jiwa, sembuh bertambah 333 menjadi 40.047 jiwa dan meninggal dunia 14 menjadi 1.168 orang.

"Warga berstatus suspek dan kontak erat dengan pasien ini harus menjalani isolasi dan tes COVID-19. Jika mereka positif terpapar virus corona, maka harus menjalani karantina di isolasi terpusat di daerahnya," katanya.

Ketua Satgasus Tracing dan Tracking COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Fajar Supriadi Santosa mengatakan pihaknya mengerahkan 2.250 petugas gabungan untuk mengawasi warga berstatus suspek dan kontak erat dengan pasien COVID-19.

Warga suspek dan Kontak erat COVID-19 Diawasi Ketat oleh Satgas

Ia mengatakan 2.250 petugas gabungan ini berasal dari bhabinkamtibmas, bhabinsa, dan BKKBN, serta Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel melacak, mendeteksi, dan memantau warga berstatus suspek dan melakukan kontak erat dengan pasien COVID-19.

"Kami berharap masyarakat melapor untuk memudahkan petugas melakukan pelacakan dan mengawasi orang yang melakukan kontak erat dengan pasien COVID-19," katanya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.