Peringatan Dini BMKG: Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Landa Beberapa Wilayah di Indonesia
Warga menggunakan payung saat hujan mengguyur Stasiun MRT Dukuh Atas BNI, Jakarta (Foto dari Antara)

Bagikan:

Palembang- Laporan peringatan dini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) menyebutkan beberapa wilayah di Indonesia akan dilanda hujan lebat dilengkapi kilat dan angin kencang pada Minggu, 1 Mei.

Mengutip keterangan dari laman BMKG, hujan lebat dilengkapi kencang dan kilat yang melanda beberapa daerah, di antaranya Banten, Aceh, Jawa Barat, Bengkulu, Jawa Barat.

Cuaca serupa juga terjadi di beberapa daerah, seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Maluku, Lampung, Maluku, Maluku Utara.

Kondisi tersebut juga terjadi di Papua, Papua Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sumatera Selatan , dan Sumatera Barat.

Sirkulasi Siklonik Terjadi di Beberapa Daerah di Indonesia

BMKG mengungkapkan sirkulasi siklonik terpantau di Aceh bagian utara dan perairan Utara Papua Barat - Papua yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Pesisir Barat Sumatera Utara hingga Aceh, dari Bengkulu hingga Sumatera Barat dan di Papua Barat.

Daerah konvergensi lainnya memanjang dari Sumatera Utara hingga Pesisir Barat Aceh, di Selat Malaka bagian Utara, di Bengkulu, di Pesisir Selatan Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dari Kalimantan utara hingga Selat Karimata, di Kalimantan Selatan, dari Sulawesi Tenggara, Selat Makassar bag Tengah hingga Kalimantan Tengah bagian Selatan dan di Maluku.

Pertemuan Angin Konfluensi Perairan Indonesia Timur

Sementara pertemuan angin (konfluensi) juga terpantau di Laut Sulawesi dan di perairan Utara Papua Barat.

BMKG menyampaikan kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi tersebut.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .