Amien Rais Deklarasikan Pendirian Partai Ummat di Yogyakarta; Siapa Saja Pengurusnya?
Tangkapan Layar Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais memimpin acara deklarasi partai di Yogyakarta, Kamis 29 April (Foto: Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Amien Rais, tokoh Reformasi 1998, telah sah mendeklarasikan Partai Ummat bentukannya di Yogyakarta. Melansir dari akun Youtube Amien Rais Resmi, pendirian tersebut berbarengan dengan tanggal 17 Ramadhan 1442 Hijriah.

Atas nama para pendiri, para pimpinan, para kader, dan anggota Partai Ummat, pada 17 Ramadhan 1442 Hijriah, bertepatan dengan 29 April 2021 Masehiah, Bismillahirahmanirahim, saya deklarasikan kelahiran Partai Ummat di persada Bumi Pertiwi Indonesia yang kita cintai bersama, ”tutur Amienintai Rais Kamis, 30 April.

Amien Raiz indikasi bahwa tujuan dari Partai Ummat adalah untuk menjaga dan mengawal pemerintahan dari segala bentuk kezaliman.

Kami Partai Ummat bersama anak bangsa lainnya, Insyaallah, akan bekerja, berjuangan, dan berkorban apa saja untuk melawan kezaliman dan menegakkan keadilan, ”ungkap Amien Rais yang memakai seragam Parta Ummat, pada Saat Deklarasi.

Amien Rais membacakan isi deklarasi Partai Ummat. Para pengurus Partai Ummat berdiri si samping dan belakangnya mendengarkan. 

"Kami abdikan seluruh salat kami, seluruh ibadah kami, kehidupan kami. Kami persembahkan hanya untuk Allah, Tuhan Semesta Alam," kata Amien Rais, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat periode 1999-2004.

Pembacaan Deklarasi Disertai dengan Doa Bersama

Setelah deklarasi dibacakan, pendirian Partai Ummat melanjutkannya dengan doa  bersama dan menyerukan “Allahuakbar” (Allah Maha Besar) sebanyak tiga kali.

Lalu dalam penutupan deklarasi, Amien Rais juga menyerukan kata "Merdeka". Para pengurus Partai Ummat yang berbaris dibelakang mengikuti perkataannya.

Dalam unggahan yang sama, Partai Ummat langsung mengumumkan jajaran pengurus Majelis Syuro dan Dewan Pengurus Pusat (DPP).

Berikut susunan kepengurusan Partai Ummat:

Majelis Syuro Partai Ummat

Ketua Majelis Syuro: Amien Rais

Wakil Ketua 1: MS Kaban

Wakil Ketua 2: Thalib Sagaf Aldjufri

Sekretaris: Ansufri Idrus Sambo

DPP Partai Ummat

Ketua Umum: Ridho Rahmadi

Sekretaris Jenderal: Ahmad Muhadjir Sodrudin

Bendaraha Umum: Benny Suharto

Wakil Ketua Umum 1: Agung Mozin

Wakil Ketua Umum 2: Sugeng

Wakil Ketua Umum 3: Chandra Tirta Wijaya.

Demikian, untuk lengkapnya akan kami lengkapi dalam waktu sesingkat-singkatnya. Yogyakarta, 17 Ramadhan 1442 Hijriah bertepatan dengan 29 April 2021 Masehi. Atas nama Dewan Pendiri Partai Ummat, Assalamualaikum Warrahmatullah Wabarakatuh, "kata salah seorang kader.

Setelah selesai membacakan susunan pengurus Partai Ummat, Amien Rais dan anggotanya menyanyikan Mars Partai Ummat. Lagu tersebut menjadi acara penutup pembacaan deklarasi.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI. Artikel ini sebelumnya telah tayang di VOI