Kantor Pos Palembang Berikan BST Rp251 Miliar Selama 13 Bulan
Proses penyaluran BST di Kantor Pos Palembang, Senin (12/4) (ANTARA/Aziz Munajar/21)

Bagikan:

Palembang- Selama bulan Ramadan, Kantor Pos Cabang Palembang telah memberikan bantuan sosial tunai (BST) Kementerian Sosial senilai Rp251 miliar selama 13 bulan. Anak perusahaan yang pencairannya dimulai sejak April 2020 disalurkan kepada warga terdampak COVID-19.

Risdayanti, Kantor Pos Cabang Palembang, mengungkapkan tiap keluarga penerima manfaat (KPM) akan mendapat BST senilai Rp300.000 per bulan. Bantuan tersebut akan dikirim di beberapa daerah, di antaranya Kota Palembang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, dan Banyuasin.

"Jumlah penerima tahap pertama sekitar 79.000 KPM, sedangkan tahap terakhir 25.000 KPM," tuturnya.

Ia menilai, jumlah KPM mengalami penurunan karena Kemensosmemperbarui data secara berkala. KPM yang sudah tidak memenuhi kriteria lagi akan dicoret, seperti pindah domisili, kartu keluarga tunggal, meninggal, atau mengeluarkan diri dari kepesertaan BST.

Pemberian BST Dilakukan di 30 Kantor Unit

Ia menyampaikan proses pemberian BST selama 13 bulan dilaksanakan di 30 kantor unit layanan dan berlangsung sesuai rencana. Hanya penyaluran tahap pertama yang mengalami hambatan karena KPM banyak yang belum siap menerima penerimaan.

Selama 13 bulan penyaluran itu, 10 persen BST disalurkan dengan diantar langsung (jemput bola), karena KPM berusia lanjut (lansia) atau KPM berada di lokasi yang sulit dicapai dari kantor layanan.

"Termasuk wilayah-wilayah perairan juga kami antarkan langsung BST-nya, seperti di Kecamatan Lalan Muba," katanya. 

BACA JUGA:


Proses Penyaluran BST Menerapkan Protokol Kesehatan

Ia juga memastikan proses penyaluran selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 , sementara BST yang disalurkan pada April 2021 menjadi pencairan terakhir karena Kemensos tidak menambah penyaluran BST.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .

Terkait