Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan Digelar untuk Peringatan HUT RI, Bisa Dikunjungi Gratis di Sarinah
Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) Setya Utama/Via ANTARA

Bagikan:

PALEMBANG - Pameran arsip dan mobil Kepresidenan digelar oleh Istana Kepresidenan di Pusat Perbelanjaan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Even tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT ke-77 RI.

Setya Utama, Kementerian Sekretariat Negara, mengungkapkan pameran yang dibuka untuk masyarakat umum itu dilaksanakan pada 13-22 Agustus 2022.

"Kami akan memamerkan arsip berupa dokumentasi foto, video dan juga dokumen-dokumen yang mungkin bagi masyarakat belum pernah melihat itu," kata dia, dalam keterangan pers Bulan Kemerdekaan 2022 yang disaksikan secara virtual, Senin.

Ia menjelaskan pameran bertema "Indonesia Menjawab" itu juga akan menekankan pada kepemimpinan tujuh Presiden Republik Indonesia dalam menjawab krisis dan tantangan di zamannya masing-masing.

Masyarakat dapat melihat bagaimana tantangan yang dihadapi Presiden Soekarno dalam memandang segala bangsa untuk meraih kemerdekaan, hingga tantangan krisis global serta pandemi Covid-19 yang dihadapi Presiden Joko Widodo.

Pameran Mobil Kepresidenan di Gedung Sarinah

Sementara itu, pameran mobil yang digunakan oleh tujuh presiden RI dapat dinikmati di halaman serta atap Gedung Sarinah. "Ini akan menarik karena mobil-mobil itu dipakai oleh presiden ketujuh kita," kata dia.

Ia menyatakan, pameran itu akan dilengkapi dengan kumpulan arsip Nasional yang dimiliki Sekretariat Negara.

Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan Dibuka Gratis

Senada dengan itu, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Negara, Bey Machmudin, menjelaskan pameran ini digelar secara terbuka dan gratis untuk masyarakat umum.

"Kami tampilkan arsip Kepresidenan, ini adalah bentuk kami menyampaikan pada masyarakat dan pameran ini gratis, jadi masyarakat silakan berbondong-bondong ke Sarinah," kata dia.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.