BPBD Bangka Barat Beri Edukasi Kesadaran Tanggap Bencana kepada Siswa
BPBD Bangka Barat beri edukasi kesadaran tanggap bencana kepada siswa (foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Edukasi kesadaran tanggap bencana pada siswa dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Langkah tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko jatuhnya korban pada saat terjadi situasi darurat.

"Untuk langkah awal, kami lakukan simulasi langsung di dua sekolah, yaitu di SD Negeri 10 dan Madrasah Aliyah Negeri Mentok dengan melibatkan tim gabungan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bangka Barat Achmad Nursyandi di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan itu selain memberikan praktik langsung menangani awal saat terjadi situasi darurat, juga memberikan pemahaman tentang beberapa potensi bencana yang mungkin terjadi di daerah kepulauan tersebut.

"Melalui program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), kami ingin membangun kesadaran tanggap bencana mulai usia dini karena kita hidup di wilayah yang kondisi geografisnya memang cukup rawan bencana," ujarnya.

Keberhasilan Penanggulangan Bencana Dimulai dari Diri Sendiri

Menurut dia, keberhasilan penanggulangan bencana dimulai dari pengurangan bencana, mulai dari diri sendiri dan sejak usia dini, khususnya anak-anak di sekolah.

Dari anak-anak tersebut diharapkan mampu menularkan ilmu kebencanaan kepada keluarga di rumah maupun di lingkungan tempat tinggal.

Dengan adanya harta kesadaran dalam penanganan kebencanaan diharapkan akan mengurangi risiko jatuh korban, baik korban jiwa maupun benda.

"Kami akan terus mengembangkan kegiatan edukasi ini agar semakin banyak warga yang memahami dan sadar upaya mitigasi bencana," katanya.

Mitigas Bencana untuk Mengurangi Risiko Bencana

Mitigasi bencana merupakan bentuk upaya mengurangi risiko bencana, baik pembangunan fisik maupun peningkatan kemampuan dalam menghadapi ancaman bencana yang diharapkan masyarakat menyadari berbagai risiko dan upaya penanganan sehingga mampu mengurangi kemungkinan korban jiwa maupun harta benda.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.