Bangka Barat Dorong Perusahaan Ikut Berperan dalam Penanganan Bencana
Wakil Bupati Bangka Barat (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Perusahaan atau lembaga yang berada d Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diajak oleh pemkab untuk terlibat dalam penanganan kebencanaan.

"Sampai saat ini belum banyak lembaga yang terlibat langsung, yang sangat aktif baru PT Timah Tbk. Kami berharap semakin banyak perusahaan yang terlibat agar upaya pengurangan risiko bencana ini semakin baik," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Senin.

Pemkab Bangka Barat Tingkatkan Mitigasi Bencana dengan Melibatkan Perusahaan

Menurut dia, semakin banyak pihak yang terlibat dalam mitigasi akan memberikan dampak positif terhadap upaya bersama mengurangi risiko bencana.

"Perlu digerakkan kembali peran pentahelix khusus lembaga usaha, diharapkan semua lembaga yang ada di Bangka Barat terlibat," ujarnya.

Untuk meningkatkan peran serta lembaga usaha, Pemkab Bangka Barat akan melakukan komunikasi dan koordinasi secara bertahap dan berkelanjutan. Hal ini penting untuk menumbuhkan kesadaran dan membangun kebersamaan dalam upaya pengurangan risiko bencana.

Koordinasi Urusan Kebencanaan di Bangka Barat

Selanjutnya, Pemkab Bangka Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana membentuk sekretariat bersama untuk memudahkan dalam koordinasi urusan kebencanaan.

Melalui sekretariat bersama tersebut diharapkan mampu menyusun berbagai program dan kegiatan yang berkaitan dengan kebencanaan, mulai dari upaya penanggulangan, penanganan saat terjadi bencana hingga penanganan pascabencana.

"Sosialisasi, edukasi dan simulasi langsung perlu ditingkatkan untuk membumikan budaya sadar bencana," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.