SAR Pangkalpinang Lakukan Respon Cepat Pertolongan  di Sejumlah Titik Prediksi Bencana
SAR Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Respon cepat pertolongan bencana dilakukan oleh SAR Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pos SAR di masing-masing wilayah berjarak kurang lebih 25 menit ke titik prediksi bencana.

"Kami berusaha maksimal dengan merespon dengan cepat setiap laporan kejadian bencana dari masyarakat dengan waktu kurang lebih 25 menit ke titik lokasi prediksi bencana," kata Kepala Kantor SAR Kelas II Pangkalpinang Fazzli melalui pesan resmi di Sungailiat, Minggu.

Pos SAR di Wilayah Prediksi Bencana Bangka Belitung

Untuk mempercepat tindakan pelayanan pertolongan bencana kata dia, setiap pos SAR di masing - masing wilayah telah ditempatkan sejumlah personel SAR yang dianggap cukup berpengalaman.

Hanya saja, dia mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam respon tanggap darurat sesuai bidangnya, segera melapor jika terjadi bencana alam ke BPBD atau instansi terkait yang terdekat.

Terutama di daerah potensi ancaman bencana atau bermukim di wilayah rentan, masyarakat setempat harus benar-benar meningkatkan kesadaran terhadap kondisi lingkungan.

"Seperti saat musim penghujan, saya imbau saluran air atau drainase di daerah rawan banjir harus dipastikan bersih dari tumpukan sampah yang dapat menghambat air mengalir, pepohonan yang dekat pemukiman warga dan potensi tumbang hendaknya ditebang," jelasnya.

Operasi Pertolongan Kecelakaan Kapal dan Bencana Alam di Bangka Belitung

SAR kelas B Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama tahun 2021 mencatat 45 operasi pertolongan baik kecelakaan kapal maupun bencana alam di darat.

Puluhan operasi pertolongan yang berhasil lakukannya masing - masing sebanyak 23 kecelakaan kapal, 17 kondisi membahayakan manusia dan lima bencana alam.

Dikatakan, terus melakukan koordinasi berbagai pihak termasuk dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai sistem deteksi dini bencana untuk menentukan tindak lanjut penanganan bencana.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.