Selat Nasik Disiapkan Menjadi Sentra Produksi Lada Belitung, Kondisi Alam Cocok dan Lahan Luas
Kepala Bidang Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Belitung

Bagikan:

PALEMBANG - Kecamatan Selat nasik disiapkan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebagai sentra baru produksi lada.

Hamzah, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Belitung,mengungkapkan selain dipersiapkan sebagai kawasan baru sentra produksi lada, Selat Nasik juga dipersiapkan menjadi sentra produksi karet.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, lanjut Hamzah, produksi lada di kecamatan Membalong menurun disebabkan oleh beberapa faktor seperti alih fungsi lahan dan pertambangan.

"Selat Nasik kami mempersiapkan sebagai sentra produksi lada setelah kecamatan Membalong karena pertimbangan kondisi alam yang cocok serta luas lahan yang masih luas," kata Hamzah di Tanjung Pandan, Rabu.

Kawasan Sentra Produksi Lada di Belitung

Ia mengatakan, selama ini kawasan yang menjadi sentra produksi lada di daerah itu adalah kecamatan Membalong.

"Sehingga kami menyiapkan Selat Nasik untuk "mengcover" Membalong sebagai daerah sentra baru produksi lada," ujarnya.

Hamzah menambahkan, mempersiapkannya Selat Nasik sebagai kawasan sentra baru produksi lada dan karet karena tren produksi dua komoditas tersebut terus meningkat.

"Kemudian di Kecamatan Selat Nasik juga jarang terjadi alih fungsi lahan seperti dari perkebunan lada menjadi sawit misalnya menjadi lahan tambang," ujarnya. "Kami berharap kedepannya Selat Nasik betul-betul menjadi sentra baru produksi lada," katanya.

Mempromosikan Potensi Wisata di Belitung

Hamzah menambahkan, selain itu, upaya tersebut untuk mendukung program "Ngayau de Mendanau" guna mempromosikan potensi pariwisata di daerah itu.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.