Pemkab Bangka Lakukan Pengawasan Pekerja Asing, TNI AL Siap Turun Tangan
Danlanal Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pengawasan terhadap pekerja tenaga asing di kawasan perairan laut dilakukan oleh Pemkab Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pihak TNI Angkatan Laut menyatakan siap membantu pelaksanaan pengawasan.

Letkol Laut (P) Dadan Hamdani, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Bangka Belitung, melalui Dansub Unit Intel Letda Laut (P) Susetyo Budi di Sungailiat, Kamis, mengatakan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam pengawasan tenaga asing yang melakukan aktivitas kerja di perairan laut.

Pengawasan Tenaga Kerja Asing oleh TNI AL

Dia mengatakan keterlibatan TNI AL dalam pengawasan tenaga kerja asing sebagai bagian dari memperkuat sinergitas untuk mewujudkan keamanan dan wilayah karena diketahui jumlah tenaga kerja asing di perairan laut seperti produksi penambangan biji timah.

Bahkan, kata dia, pendekatan yang tergabung dalam tim pengawasan orang (Tim Pora) dalam waktu dekat turun ke lapangan untuk melakukan pendataan sehingga mengetahui data riil tenaga kerja asing.

"Sampai saat ini tidak ditemukan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh tenaga kerja asing dan kalaupun ditemukan perkara hukum akan diperiksa bersama pihak kepolisian," kata dia.

Ancaman Gangguan Keamanan Laut

Dia mengajak seluruh masyarakat yang melakukan aktivitas di perairan laut terutama nelayan untuk bersama-sama menjaga keamanan dan mengajak.

"Jika masyarakat atau nelayan saat melakukan aktivitas penangkapan ikan di laut mengetahui ada ancaman gangguan keamanan di laut, saya minta segera melapor ke pos keamanan terdekat," katanya.

Menurutnya, menjaga dan menjaga keamanan dan perairan di laut merupakan tanggung jawab bersama termasuk keterlibatan peran masyarakat nelayan.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.