Gunung Api Dempo di Pagaralam Erupsi, Terjadi Letusan Abu Vulkanik dan Getaran
Gunung Dempo (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Erupsi freatik terjadi di Gunung Api Dempo di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan. Gunung tersebut mengeluarkan letusan abu vulkanik satu kali dan getaran kecil.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos ketiga Gunung Api Dempo memantau aktivitas letusan abu vulkanik tersebut pada Selasa (31/5) pukul 00.00 WIB.

Kepala Pos Gunung Api Dempo Megian Nugraha dalam laporan resmi yang diterima di Palembang, Rabu, mengatakan ledakan abu vulkanik itu berlangsung selama 239 detik sejauh 35-37 mm.

Gunung Api Dempo Erupsi Timbulkan Gempa Kecil

Letusan abu juga disertai kegempaan skala II MMI atau getaran yang dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang selama 290 detik.

"Asap kawah nihil cuaca cerah, berawan, dan mendung. Angin bertiup lemah hingga ke arah utara, timur, dan selatan. Suhu udara 19-28 derajat Celcius,".

Adanya aktivitas tersebut, petugas Pos mengeluarkan status Gunung Api Dempo (3.173 mdpl) yang meliliputi wilayah Lahat, Empat Lawang, Kota Pagaralam itu berada di level II atau Waspada.

Pendakian Gunung Api Dempo Ditutup

Petugas mengimbau warga, khususnya para pendaki gunung atau wisatawan, sementara dilarang mendekati atau bermalam di pusat aktivitas yakni kawah Gunung Api Dempo radius satu kilometer.

Mereka juga dilarang mendekati atau bermalam di arah bukaan kawah sejauh dua kilometer ke sektor utara, mengingat kawah sebagai pusat letusan dan gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan kehidupan.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.