BPBD Sumsel Himbau Warga Sekitar Gunung Dempo Waspada, Status Aktivitas Naik ke Level II
Gunung Dempo (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Warga di yang tinggal di Kawasan Gunung Dempo diminta oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan untuk waspada dampak peningkatan aktivitas vulkanik gunung api tersebut. Gunung yang terletak di perbatasan Sumsel dengan Bengkulu tersebut berada pada Level II (Waspada) pada Jumat (7/1).

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Provinsi Sumatera Selatan Ansori di Palembang, Senin, mengatakan bahwa warga sebaiknya tidak mendekati area dalam radius satu kilometer dari kawah.

Perkembangan Aktivitas Gunung Dempo

Dia juga menyarankan warga Kabupaten Empat Lawang, Kota Pagaralam, dan Kabupaten Lahat mengikuti informasi mengenai aktivitas Gunung Dempo dari otoritas pemerintah.

"​​​​​​Kami mengharapkan warga sekitar Gunung Dempo terus memantau perkembangan informasi terkait aktivitas gunung api ini," kata Ansori.

Aktivitas Gunung Dempo Naik ke Level II

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status aktivitas Gunung Dempo dari Level I (Normal) ke Level II (Waspada) pada 7 Januari 2022.

Gunung Dempo tercatat telah mengalami 21 erupsi dengan selang waktu erupsi terpendek satu tahun dan terpanjang 26 tahun. Erupsi terakhir terjadi pada 1 Januari 2009.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.