Disparbud Bangka Gencarkan Gerakan Sapta Pesona untuk Pengembangan Wisata
Disparbud Bangka (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Gerakan Sapta Pesona dikampanyekan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk melakukan penyesuaian terhadap objek wisata.

Rismy Wira Madonna, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, menyampaikan bahwa gerakan pembersihan sampah melalui kampanye Sapta Pesona wisata guna meningkatkan kualitas layanan wisata bersih dan rapi.

"Aksi akan membersihkan sampah di kawasan wisata yang dikenal dengan dealer Honda serta masyarakat di desa wisata mulai di objek wisata Embung Tanah Bawah Puding Besar," katanya.

Selain membersihkan sampah di kawasan wisata kata dia, gerakan dilanjutkan dengan penanaman sejumlah jenis tanaman guna menjaga ekologi lingkungan yang lestari, bersih dan nyaman.

Dia mengakui, kampanye Sapta Pesona wisata di gerakan atas pertimbangan adanya keluhan pengunjung saat melihat kondisi lingkungan wisata Embung tampak kurang bersih.

"Gerakan yang dilanjutkan titik terjadwal menyasar pada 10 desa wisata yang menjadi fokus kampanye Sapta Pesona seperti di objek Kampung Natak Sungailiat, Desa wisata Bukit Layang serta tempat-tempat lain," kata dia.

Gerakan Membersihkan Objek Wisata di Bangka Belitung

Dia berharap, melalui gerakan membersihkan objek wisata yang dikemas dalam kampanye Sapta Pesona dapat edukasi membangun kesadaran masyarakat luas untuk peduli menjaga kebersihan wisata.

dekat, cukup kompleks dalam penanganan kebersihan karena harus dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan dimana peran aktif masyarakat berada di posisi terdepan.

"Saya mengimbau seluruh pengunjung jangan membuang sampah sembarangan begitu pula pengelola kawasan wisata tanpa menyediakan tempat-tempat yang mudah dikunjungi pengunjung," ujar Rismy.

Faktor Pendukung Pengembangan Wisata di Bangka

Keindahan suatu objek wisata tidak cukup sebagai syarat untuk ditawarkan kepada wisatawan, namun juga harus memperhatikan berbagai faktor seperti, kebersihan lingkungan wisata, budaya, kuliner dan sektor penyangga lain.

"Saya memberikan apresiasi kepada pihak dealer Honda yang ikut berperan menjadi sponsor kampanye Sapta Pesona wisata," jelasnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.