Kawasan Wisata Bukit Seguntang Palembang Akan Direvitalisasi, Mengembalikan Muruah Kesakralan
Disbudpar Sumsel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Revitalisasi kawasan Bukit Seguntang Palembang berupaya dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan pada tahun 2023. Kawasan Bukit Seguntang mempunyai wisata budaya dan sejarah.

"Revitalisasi kawasan Bukit Seguntang itu difokuskan pada area inti yang merupakan makam raja-raja di zaman Kerajaan Sriwijaya, seperti makam Raja Segentar Alam, Putri Kembang Dadar, Panglima Bagus Kuning, dan makam Pangeran Raja Batu Api," kata Kepala Disbudpar Sumsel Aufa Syahrizal di Palembang, Senin.

Makam Raja-raja Sriwijaya di Palembang

Pihaknya ingin mengembalikan muruah Bukit Seguntang dan kesakralannya, terutama area makam raja-raja zaman Kerajaan Sriwijaya.

"Insyaallah, tahun depan bisa dimulai revitalisasi Bukit Seguntang karena sesuai aturan sudah boleh melakukan renovasi karena lebih dari lima tahun tidak ada kegiatan pembangunan besar-besaran," ujarnya.

Pihaknya mempunyai cita-cita mengembalikan muruah Bukit Seguntang yang merupakan Mahameru itu menjadi sebuah sejarah yang berkembang.

Kesakrakalan Bukit Seguntang Palembang

Kesakralan Bukit Seguntang tidak hanya diakui masyarakat Palembang, tetapi juga masyarakat Melayu dari kawasan Asia.

Sejarah Seguntang banyak kaitannya dengan Parameswara di Malaka, Tumasik di Singapura dan banyak sekali sejarah yang berkaitan dengan negara tetangga.

"Melalui revitalisasi itu diharapkan menjadi kebangkitan pariwisata dan kebudayaan di Kota Palembang dan daerah Sumsel lainnya," kata Aufa.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.