5 Destinasi Wisata di Mandalika NTB, Dekat dengan Sirkuit MotoGP
Ilustrasi destinasi wisata dekat sirkuit Mandalika, Bukit Merese (Instagram/@wonderfulIndonesia)

Bagikan:

PALEMBANG- Wilayah Mandalika, di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, tengah populer di masyarakat karena menjadi tempat sirkuit balap MotoGP. Daya tarik Mandalika semakin bertambah, karena di sekitar sirkuit bertaraf internasional terdapat banyak destinasi wisata.

Jika Anda berkunjung ke sana, berikut destinasi wisata yang bisa Anda nikmati disela jadwal MotoGP.

1. Bukit Merese

Terletak di Jalan Kuta Lombok, Kuta, Kecamatan Pajut, Lombok Tengah, Bukit Merese merupakan destinasi yang wajib Anda kunjungi ketika di sekitar kawasan sirkuit Mandalika. Uniknya, di bukit ini Anda akan dimanjakan pemandangan alam berupa Pantai Tanjung Aan.

Di tempat ini, aktivitas paling cocok dilakukan ketika bepergian ialan bersantai dan duduk-duduk memandangi birunya air laut serta cakrawala berbukit.

2. Desa Adat Sade

Dikenal sebagai desa wisata, Desa Sade menyimpan hasil budaya masyarakat setempat. Berrupa rumah adat hingga pengrajin tenun ikat dan tenun Lombok yang dikenal mendunia. Letaknya masih dalam satu kecamatan dengan Bukit Merese, yaitu di Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

3. Desa Mertak

Sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika, Anda dapat menikmati pengalaman berwisata yang tak biasa di Desa Mertak. Disebut dengan  one stop-destination , di desa ini Anda bisa menikmati satu waktu pantai, pegunungan, serta hutan bakau.

4. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Ketika mencari tempat yang tenang bersuhu lebih rendah, di Taman Wisata Pusuk Sembalun Anda bisa menikmatinya. Kawasan taman wisata ini terletak di Jalan Wisara Rinjani, Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Kawasan ini paling pas jika dikunjungi bersama keluarga. Bersantai di dataran tinggi dengan udara segar dan pemandangan indah tentu mengasyikkan. Pusuk, berasal dari bahasa Sasak, yang berarti 'puncak'. Ketinggiannya 900 meter di atas permukaan laut. Bentangan vegetasi hijau nan rimbun. penduduk setempat membangun gardu pandang sebagai  spot  wisata yang bisa Anda manfaatkan untuk memotret fenomena alam yang indah.

5. Air Terjun Mangku

Masih di kawasan Lombok Timur, tercurah air segar dan bening dari air terjun Mangku. Nama lengkap tempat ini disebut Air Terjun Mangku Sakti, satu desa dengan Taman Wisata Pusuk Sembalun. Mengutip laman Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur, air terjun ini terletak di kawasan kaki Gunung Rinjani. Berdasarkan cerita rakyat, dahulu kala menjadi tempat bertapa seorang mangku sakti. Hingga tutup usia, mangku bertapa di air terjun ini.

Kelima destinasi di atas, mana yang ingin dijadikan  list dalam perjalanan wisata Anda. Selain kelima di atas, Anda juga bisa menikmati destinasi pantai berpasir terang di sekitar sirkuit Mandalika.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.