Pemkot Palembang Segera Laksanakan PTM Secara Penuh, Dinkes Percepat Vaksinasi untuk Anak
Ilustrasi PTM di masa pandemi (Foto: Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Persiapan sistem pembelajaran tatap muka secara penuh tengah dikaji oleh Pemkot Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. PTM untuk jenjang pendidikan SD dan SMP di daerah tersebut.

Ahmad Zulinto, Kepala Dinas Pendidikan Palembang, menyampaikan segala sesuatu terkait dengan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) secara penuh tersebut akan dikaji, melibatkan pihak terkait dalam Satuan Tugas COVID-19, antara lain Dinas Kesehatan, TNI, Polri, dan masing-masing perwakilan sekolah di kota ini.

Ia mengatakan adanya beberapa poin penting yang mesti dipersiapkan supaya bisa kembali menerapkan sistem pembelajaran yang pernah dilangsungkan selama pandemi COVID-19 pada awal tahun 2022 di Palembang itu.

Poin penting pembahasan tersebut di antaranya terkait bagaimana menciptakan percepatan capaian vaksinasi COVID-19 anak yang masih tergolong rendah dari jumlah total sasaran.

"Ya salah satunya vaksinasi yang saat ini masih ada sekitar 35 persen anak-anak kita belum divaksinasi COVID-19," kata dia.

Ia menilai vaksinasi tetap penting meski saat ini kasus positif COVID-19 sudah menurun dan hunian pasien di rumah sakit sudah tidak ada lagi, karena menjadi salah satu yang mendasari supaya pelaksanaan pembelajaran tatap muka penuh terlaksana secara optimal tanpa ada risiko anak terpapar virus.

"Jadi sebelum ada hasil keputusan bersama yang melalui pertimbangan wali kota itu maka sistem belajar mengajar masih secara daring-luring 50 persen dari jumlah total siswa di sekolah pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang sudah berlangsung saat ini," kata dia.

Dinas Kesehatan Palembang Mempercepat Pelayanan Vaksinasi Anak

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Fenty Aprina memastikan pihaknya akan terus melaksanakan percepatan vaksinasi COVID-19 dengan menerapkan skema jemput bola dari sekolah ke sekolah lainnya.

Puskesmas yang ada di 18 kecamatan bakal mengerahkan tenaga kesehatan mereka untuk melaksanakan skema vaksinasi tersebut.

Dinas Kesehatan berharap setiap kepala sekolah beserta jajaran juga menyosialisasikan kepada orang tua/wali murid kalau vaksinasi COVID-19 penting dan amannya sehingga dapat terjadi percepatan.

Realisasi Vaksinasi Anak di Kota Palembang

Berdasarkan data rekapitulasi vaksinasi COVID-19 Dinas Kesehatan Palembang diketahui vaksinasi kategori anak sudah 110.335 orang atau 64,44 persen dari 171.215 orang target sasaran yang menyelesaikan vaksinasi dosis pertama, sementara 60.880 yang lainnya belum sama sekali divaksin.

Vaksinasi dosis kedua 83.316 orang atau 48,08 persen dari total target sasaran. Jumlah cakupan tersebut diharapkan bertambah paling tidak mencapai 60-70 persen dalam beberapa waktu ke depan.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.