Mudik Lebaran 2022 di Sumatera Selatan; BBPJN Sumsel Memetakan Titik Rawan Kemacetan
Jalintim Sumatera (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sejumlah titik rawan dipetakan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Provinsi Sumatera Selatan pada masa mudik Lebaran 2022. BPPJN mempredisi jalur-jalur yang mengalami kemacetan dan membutuhkan antisipasi dari berbagai  demi kenyamanan para pengguna jalan.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Selatan (BBPJN Sumsel) Budiamin mengatakan titik-titik kemacetan tersebut tersebar di Jalan Lintas Timur, Lintas Tengah, dan lintas penghubung Sumsel serta di dalam Kota Palembang.

"Kami sudah petakan seperti di lokasi wisata, pasar tumpah, dan lainnya. Kami minta masyarakat memperhatikan agar bisa melewati jalur alternatif," kata dia.

Titik Rawan Macet di Sumatera Selatan pada Masa Mudik Lebaran 2022

Adapun titik jalan yang berpotensi macet, yakni lima titik di Lintas Timur, mencakup Pasar Bayung (Km 206+800), Pasar Sungai Lilin (Km 113+750), Detour pembangunan underpass tol (Km 36+400), Pesantren Ittifaqiyah (Km 36+650), Pasar Inderalaya (Km 37+050), dan Pasar Tanjung Raja (Km 55+100).

Sementara di Lintas Tengah Provinsi Sumsel terdapat sembilan titik dan Lintas Penghubung Sumsel ada enam titik rawan kemacetan.

Meski pengendara diproyeksikan menghadapi titik kemacetan, namun pihak BBPJN Sumsel memastikan bahwa jalan yang dilalui dalam kondisi mantap dan tidak ada lubang sejak H-2.

"Sejak H-19, lubang sudah tertutup semua kami sudah berkomitmen untuk zero pothole (tidak ada lubang)  sehingga kecepatan tempuh pengguna jalan terjaga," kata dia.

Posko Mudik Lebaran di Sumatera Selatan

Adapun kondisi kemantapan jalan nasional yang sepanjang 1.600,18 kilometer di Sumsel berkisar 92 persen, sementara sisanya sebesar 7,94 persen atau 134 kilometer masih masuk kategori rusak. Kondisi itu bisa saja berubah, ia melanjutkan karena pengaruh cuaca yang seringkali hujan.

Oleh karena itu, pihaknya telah menyediakan 19 Posko Lebaran yang tersebar di seluruh wilayah Sumsel yang dilengkapi dengan alat berat.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.