Mudik Idulfitri 2022; Jalan Lintas Timur Palembang-Betung  Macet Parah Nyaris Lumpuh
Jalan macet Palembang - Banyuasin (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kondisi macet terjadi di jalan Lintas Timur (Jalintim), Palembang – Betung, Banyuasin, Sumatera Selatan, pada Minggu (25/4). Jalan yang lumpuh tersebut disebabkan karena macet sejak Jumat (22/4). Sampai saat ini petugas kepolisian masih berjaga mengatur arus lalu lintas. 

AKP Ricky Mozam, Kepala Satlantas Polres Banyuasin, menyampaikan bahwa kemacetan lalu lintas tersebut disebabkan oleh beberapa kendaraan truk yang mogok dan terperosok keluar jalan, hingga tabrakan beruntun. Kemudian tabrakan beruntun akibat satu truk Fuso dengan berat sekitar 5 ton lebih mundur saat menanjak di Jalintim Km 32, Desa Pulau Harapan, Kecamatan Sembawa, hingga menghantam dua kendaraan truk lain di belakangnya, Pada Sabtu (23/4) dini hari.

Polisi Siaga Mengamankan dan Mengatur Kelancaran Mudik Jalur Musi Banyuasin-Palembang

Kepolisian mencatat sedikitnya empat kendaraan truk mogok dan pecah ban berada di Jalintim Km 56, Km 54, Km 58 dan Km 20 atau seputar gerbang Kantor PTPN VII Musi Landas, Air Batu, Talang Kelapa, Jumat (22/4) hingga Sabtu (23/ 4) halaman.

Evakuasi sempat terkendala karena salah satu kendaraan menabrak tiang listrik, lalu kabelnya terputus dan menempel di bak kendaraan, personel berkoordinasi dengan PLN untuk pemadaman. Hingga berhasil di bahu jalan Sabtu malam itu juga. Arus lalu lintas normal kembali,” ujarnya. Aparat Satlantas dibantu warga setempat berhasil mengevakuasi kendaraan itu dengan menambahkan dua unit alat berat dan satu unit trailer yang selesai setiap hari. "Selain peristiwa itu arus lalu lintas terkunci karena masih ada penilaian pengemudi yang mementingkan diri sendiri dengan mengambil alih arah," menambahkan.

Kecelakaan Truk saat Mudik di Jalur Banyuasin Sumatera Selatan

Lalu pada Sabtu (23/4) Siang, lanjutnya, ada satu truk Fuso box yang terperosok ke bahu jalan di Km 58 Desa Durian Daun, Kecamatan Suak Tapeh.

Untuk itu memastikan, aparat Satlantas Polres Banyuasin telah disiagakan ke setiap titik rawan kemacetan mudik lebaran untuk mengarahkan pengemudi agar tetap tertib dan tidak bertentangan dengan arah sehingga arus lalulintas bisa lancar. Untuk menghindari kepadatan di Jalintim tersebut, pengemudi dari Arah Provinsi Jambi atau Kota Palembang dapat melintasi jalan alternatif, yakni lewat Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) dengan rute perlintasan diantaranya melalui Provinsi Jambi - Lubuk Linggau - Tebing Tinggi- Muara Enim dan Baturaja, OKU, Sumatera Selatan.*

“Kondisi saat ini masih padat karena banyak pengemudi tidak mengambil lajur berlawanan dengan itu, personel disebar melakukan aktivitas pengaturan dan pembangunan kepadatan lalu lintas itu,” sudah ada yang melakukan aktivitas tersebut.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.