Bandara SMB II Palembang Tambah Jadwal Penerbangan, Layanani Penumpang Mudik Lebaran 2022
Penumpang bandara Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Jadwal penerbangan tambahan disiapkan oleh Manajemen Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, guna melayani penumpang yang melakukan mudik pada saat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Langkah tersebut dilakukan untuk mengingat animo masyarakat cukup tinggi. 

“Animo masyarakat sangat tinggi. Kalau pesan sekarang reservasi sudah penuh. Harapannya maskapai dapat menambah extra flight,” kata Executive General Manager Bandara SMB II, Tommy Ariesdianto , di Palembang, Selasa.

Menurut dia, rencana penambahan jadwal penerbangan itu sudah dikomunikasikan dengan pihak maskapai, dan sebagian saat ini sudah ada yang melakukannya seperti Citilink dan Lion Group. Maskapai itu menambah jadwal penerbangannya dengan tujuan Palembang-Batam dan Palembang-Jakarta.

“Paling besar animonya tujuan Palembang-Jakarta, sekitar 60 persen ke Cengkareng,” katanya seraya menjelaskan bahwa penambahan jadwal penerbangan dilakukan supaya pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN)  bisa terlayani dengan lebih baik.

Jumlah Penumpang di Bandara SMB II Palembang

Tommy mencatat, saat ini jumlah penumpang meningkat menjadi 5.000 orang per hari dengan 44 pergerakan pesawat, sedangkan sebelumnya  hanya 3.000 orang per hari.

Jumlah penumpang tersebut , katanya, diperkirakan bisa mencapai 7.000 orang per hari saat puncak arus mudik Lebaran pada 29-30 April nanti , seperti halnya terjadi pada tahun lalu.  

Kebijakan Pemerintah untuk Perjalanan Mudik Lebaran 2022

Lebih lanjut ia mengemukakan, kebijakan pemerintah terkait perjalanan mudik tahun ini disambut baik masyarakat, seperti tidak mewajibkan rapid antigen/PCR untuk yang telah melakukan vaksinasi dosis ketiga,  dipatuhi masyarakat dan rata-rata sudah vaksin dosis tiga.

Sementara operasional pelayanan di Bandara SMB II, ia  memastikan berjalan dengan baik, aman dan lancar,  sebab telah menyiagakan sekitar 300 personel aparat keamanan dan petugas kesehatan.

“Menyiapkan ruang tunggu tambahan di lantai tiga, dan memastikan layanan digital bisa dimanfaatkan dengan baik oleh penumpang. Jadi keseluruhan operasional arus mudik aman dan lancar,” katanya. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.