Tiket Pesawat Palembang-Jakarta Masih Mahal Meski Libur Lebaran Sudah Usai, Apa Penyebabnya?
Suasana penumpang di terminal keberangkatan Bandara SMB II Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Permintaan penerbangan di Bandara SMB II Palembang masih tinggi hingga hari Senin (9/5), meski libur cuti bersama lebaran 2022 sudah usai. Hal itu menyebabkan harga tiket pesawat tujuan Palembang-Jakarta masih tergolong mahal.

Petugas penjualan tiket Travel Zamzam bernama Wawan mengatakan berdasarkan data penjualan, harga tiket tujuan Palembang-Jakarta mulai bergerak turun pada Kamis (12/5) Rp871.000/orang.

"Hari ini harga tiket pesawat seperti tujuan Palembang-Jakarta masih cukup tinggi di atas Rp900.000 per orang," kata Wawan di Palembang, Senin.

Harga Tiket Pesawat Setelah Lebaran Masih Tinggi

Harga tiket pesawat diprediksi masih tinggi hingga pertengahan Mei 2022, dan diharapkan bergerak turun hingga kondisi normal di bawah Rp500.000/orang, katanya.

Ia menjelaskan, pada kondisi ramai arus balik Lebaran sekarang ini, ada beberapa pesawat yang beroperasi di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Susi Air, Wings Air, NAM Air, dan Citilink .

Untuk memanfaatkan jasa angkutan udara tersebut masyarakat dapat memilih sesuai kebutuhan mulai pukul 05.25 WIB hingga 22.00 WIB, ujar petugas travel.

Penumpang Pesawat Bandara Palembang Meningkat Sejak Bulan Puasa

Sementara sebelumnya Eksekutif GM Bandara SMB II Palembang Tommy Ariesdianto menjelaskan bahwa penumpang pesawat meningkat sejak memasuki bulan puasa Ramadhan 1443 Hijriah rata-rata 2.000 orang per hari, dan selama arus mudik meningkatkan 3.000-5.000 penumpang per hari.

"Berdasarkan data penumpang pesawat selama April 2022 rata-rata setiap hari mencapai 5.000 orang atau meningkat dari bulan sebelumnya yang hanya sekitar 3.000 orang per hari, sedangkan arus mudik dan arus balik meningkat menjadi 7.000-8.000 lebih penumpang per hari," ujar Tommy

Untuk menghadapi layanan penerbangan udara pada arus mudik lebaran, menghadapi kesulitan melakukan penerbangan untuk melakukan penambahan pesawat kini mencapai 50 penerbangan lebih setiap hari dengan tujuan Palembang ke Jakarta, Batam, Surabaya, Bandung, dan Pangkalpinang.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.