Bandara SMB II Palembang Memperketat Pemeriksaan Penumpang Selama Libur Natal
Pemeriksaan penumpang di bandara SMB II Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pemeriksaan penumpang di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, semakin diperketat pada saat libur Natal dan Tahun Baru 2022. Pihak bandara menerapkan pemeriksaan acak (random cek).

Tommy Ariesdianto, Eksekutif General Manager Bandara SMB II Palembang, di Palembang, menyampaikan selama libur Natal dan Tahun Baru, selain pemeriksaan wajib kami perketat dengan random cek kepada semua penumpang layanan penerbangan di SMB II Palembang mulai dari pintu masuk, ruang keberangkatan dan kedatangan.

Pemeriksaan random itu, lanjutnya, diterapkan selama dua pekan mulai dari 17 Desember sampai 4 Januari 2022 mendatang mengikuti jam operasional bandara sedari pukul 05.00 WIB - 20.00 WIB.

"Pemeriksaan tersebut dilakukan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) satuan pengamanan Bandara, bekerja sama dengan aparat TNI dan Polri," kata dia.

Menurut Tommy, pemeriksaan yang dilakukan ke setiap penumpang meliputi pemeriksaan identitas diri, kelengkapan berkas hasil tes usap antigen atau PCR, barang-barang bawaan mereka termasuk juga kargo barang.

"Tujuannya untuk mencegah timbulnya gangguan keamanan penerbangan. Tidak ada toleransi bagi setiap ancaman keselamatan penumpang," ujarnya.

Prosedur Naik Pesawat di Bandara SMB II Palembang

Termasuk juga, lanjutnya, untuk mengoptimalkan upaya menanggulangi penyebaran COVID-19.
penumpang juga diwajibkan untuk mendaftarkan diri dalam aplikasi PeduliLindungi dan eHac.

Bandara SMB II sudah menyediakan sebanyak lima unit monitor PeduliLindungi dan eHac di pintu keberangkatan untuk mempermudah skrining dan pelacakan (tracking) apabila ditemukan adanya kasus COVID-19.

"Seperi hari-hari biasa kami juga demikian. Namun secara khusus Natal dan Tahun Baru ini pemeriksaan lebih diperketat penumpang mendapatkan edukasi khusus dari petugas kami. Terkait supaya mempermudah pelacakan nantinya terkait kasus COVID-19," ujarnya.

Jadwal Penerbangan di SMB II Palembang Padat Selama Libur Akhir Tahun

Sebab menurut dia, selama libur akhir tahun  ini terjadi eskalasi jumlah penumpang di SMB II Palembang sebanyak 15 persen atau 6.000 orang dibandingkan sebelumnya hanya 4.500 yang terpantau mulai terjadi sejak November - awal Desember ini.

Dimana jadwal penerbangan padat total sebab semua maskapai membuka layanan penerbangan. Dari 15 menjadi total ada 40 penerbangan domestik.

"Penerbangan domestik, belum dibuka untuk internasional. Sebagian besar berpergian terkait urusan keluarga, jadi memang sudah sesuai dengan perkiraan kami. Makanya lebih diperketat Sejauh ini belum ditemukan adanya kasus konfirmasi positif COVID-19," tambahnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.