Jadi Pelopor Desa Cinta Statistik, Karang Dapo Tingkatkan Kompetensi Aparatur Desa
BPS OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Status Desa Cinta Statistik (Cantik) disandangkan kepada Desa Karang Dapo, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Desa Cantik menjadi pelopor peningkatan literasi statistik tentang desa di daerah itu.

Budiriyanto, Kepala BPS OKU, menyampaikan bahwa Program Desa Cantik yang dimulai BPS sejak 2021 tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data.

Hal itu dilakukan agar perencanaan pembangunan di desa di Kabupaten OKU dapat lebih tepat sasaran.

Desa Meningkatkan Pembinaan Statisitik bagi Perangkat Desa

Dipilihnya Desa Karang Dapo sebagai Desa Cantik, kata dia, karena sebagai desa yang masif melakukan literasi statistik kepada masyarakat di pedesaan dibandingkan desa-desa lainnya di Kabupaten OKU.

Dengan adanya Desa Cantik diharapkan dapat melakukan pembinaan peningkatan statistik bagi perangkat desa sehingga data-data yang diperoleh di lapangan bisa lebih berkualitas.

Manfaat Statisitik Data bagi Desa

Artinya dengan bagusnya sumber daya manusia di perangkat desa untuk merangkum dan mengolah data-data yang diperoleh, maka pemerintah di daerah pun bisa menggunakan data itu untuk mengambil kebijakan.

Misalnya soal kondisi pertanian yang mungkin ditemukan kendala di lapangan, namun setelah diperoleh pendataan, maka kepala daerah bisa langsung mengambil kebijakan sebagai solusi dari permasalahan tersebut.

"Untuk itu kami mendorong seluruh desa di OKU agar dapat menyajikan data yang akurat sehingga bisa dinobatkan menjadi Desa Cantik," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.