Kemenkumham Sumsel Tingkatkan Keamanan Lapas dan Rumat yang Kelebihan Kapasitas
Kepala Kantor Kemenkumhan Sumsel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Keamanan lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan) ditingkatkan oleh Harun Sulianto Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan. Sasarannya adalah lapas dan rutan yang mengalami kelebihan kapasitas daya tampung.

Harum Sulianto menyampaikan guna meningkatkan pengamanan lapas dan rutan yang berpenghuni di atas kapasitas daya tampung pihaknya berupaya menambah personel pengamanan dan fasilitas pendukung yang menggunakan teknologi.

Peningkatan Fasilitas Teknologi untuk Menunjang Keamanan Lapas dan Rutan

Fasilitas pendukung yang digunakan untuk meningkatkan atau memaksimalkan pengamanan menggunakan teknologi seperti kamera pengawas (CCTV), buka tutup pintu di pos penjagaan menggunakan sensor sidik jari.

Kemudian memasang alarm darurat di setiap kamar tahanan sehingga jika ada keperluan darurat para warga binaan pemasyarakatan (WBP) bisa menyalakannya dan petugas segera merespon memberikan bantuan.

Melalui upaya tersebut diharapkan dapat diantisipasi terjadinya tahanan kabur, penggunaan gawai/hp, pungli, dan penyalahgunaan narkoba (halinar), gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan lapas dan rutan serta permasalahan lainnya, katanya.

Sidak Kemenkumhan ke Lapas dan Rutan

Untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel pengamanan, Harun mengatakan dirinya selalu meluangkan waktu melakukan inspeksi mendadak ke lapas dan rutan pada hari libur akhir pekan yang dinilai rawan gangguan keamanan dan ketertiban seperti dilakukan di Lapas Kelas II A Banyuasin, Minggu (27/3)

Kegiatan kunjungan pada hari libur itu sengaja dilakukan dalam rangka memotivasi petugas agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) lapas/rutan.

”Hari libur merupakan waktu rawan, terutama lapas yang jumlah penghuninya di atas daya tampung, oleh karena itu memerlukan perhatian khusus dengan meningkatkan kesiapsiagaan personel pengamanan dan fasilitas pendukung," ujar Kakanwil Sumsel Harun Sulianto.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.