Vladimir Putin Dikabarkan Datang ke Indonesia saat KTT G20, Bagaimana Tanggapan Negara Lain?
Presiden Jokowi saat hadiri sesi penutupan KTT G20 di Roma (Foto: BPMI Setpres/Laily RE)

Bagikan:

PALEMBANG - Acara KTT G20 para pemimpin dunia bakal diselenggarakan di Bali pada Oktober 2022. Moskow memberika isyarakat kalau Presiden Rusia Vladimir Putin bakal datang ke KTT G20 .

Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, mengatakan dalam konferensi persnya, Vladimir Putin berencana menghadiri konferensi para pemimpin di Bali, dilansir dari  Brisbane Time  yang mengutip pemberitaan  Reuters , Rabu 23 Maret.

Namun dia bilang, masukkan isu-isu politik yang sensitif ke dalam acara KTT G20 akan kontraproduktif.

Lyudmila Vorobieva memang perlu sudah membuat batasan seperti di tengah invasi negaranya ke Ukraina yang belum juga berakhir. Negara-negara barat ramai-ramai menjatuhkan sanksi ke Rusia.

Banyak Negara Tidak Ingin Rusia Ikut KTT G20

Namun Lyudmila Vorobieva juga bilang kalau sudah banyak negara yang meminta agar Rusia tidak hadir. salam itu datang dari negara barat.

“Rusia telah diundangkan,” katanya.

“Kami sangat mengapresiasi posisi pemerintah Indonesia yang telah mengadopsi kepresidenan G20 untuk tahun ini,” ujarnya.

“Tentu G20 bukan forum untuk membahas atau menyelesaikan krisis semacam ini. Sebenarnya, ini adalah forum untuk memperbaiki situasi ekonomi dan memecahkan masalah ekonomi.”

Boikot Pemimin Negara kepada Rusia

Brisbane Time yang Reuters juga bilang, kehadiranmu di acara-acara yang diselenggarakan di Indonesia mungkin merupakan pemicu boikot oleh negara lain.

Desakan untuk mengusir Rusia, dilaporkan ketika seorang mantan pejabar kementerian luar negeri Indonesia mendesak Jakarta secara tradisional, untuk mengambil sikap lebih keras terhadap Putin setelah invasinya ke Ukraina.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.