Presiden Jokowi Hadiri KTT G20, Akan Terbang ke Negara Konflik Temui Presiden Vladimir Putin dan Zelensky
Deputi Direktur Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BPJAMSOSTEK Oni Marbun (ANTARA)

Bagikan:

PALEMBANG - Dua negara yang tengah berkonflik bakal dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo untuk menemui para pemimin negara. Presiden Jokowi akan datang ke Ukraina dan Rusia di tengah perang yang berlangsung sejak 24 Februari lalu.

Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Indonesia, mengatakan keterangan tersebut kepada wartawan, terkait dengan rencana kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Eropa.

"Presiden Jokowi akan mengunjungi Kyivm Ukraina dan Moskow, Rusia, usai dari kunjungan ke Jerman," ujar Menlu Retno dalam keterangan pers virtual Rabu 22 Juni.

Presiden Jokowi Akan Temui Presiden Rusia dan Presiden Ukraina

"Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi tentunya akan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin," sambungnya.

"Meskipun situasinya sulit dan masalahnya kompleks, sebagai Presiden G20 dan satu satu anggota Champion Group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk Sekjen PBB, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi, tidak memilih untuk diam," tambahnya.

"Presiden Jokowi akan menjadi pemimpin Asia pertama yang menemui kedua pemimpin negara sejak konflik," jelas Menlu Retno.

Presiden Jokowi Mengahdiri Pertmuan Negara G7 di Jerman

Sebelum ke dua negara tersebut, Presiden Jokowi direncanakan menghadiri pertemuan Negara Kelompok 7 (G7) yang digelar di Jerman pada 26-27 Juni mendatang. Indonesia hadir sebagai salah satu undangan dalam pertemuan tersebut.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.