Gubernur Babel Tinjau Peremajaan dan Panen Sawit di Bangka Selatan
Gubernur Bangka Belitung tinjau peremajaan sawit di Bangka Selatan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, meninjau langsung kegiatan peremajaan sawit petani Desa Nyelanding Kabupaten Bangka Selatan. Tinjauannya bertujuan untuk memastikan program dapat tepat sasaran, mendukung kesejahteraan petani.

"Saya ingin melihat langsung kondisi terkini 180,6 hektare tanaman sawit petani yang diremajakan ini," kata Erzaldi Rosman Djohan di Desa Nyelanding, Minggu.

Ia mengatakan peremajaan tanaman sawit rakyat ini merupakan program pemerintah untuk menjaga produktivitas petani sawit sebagai salah satu strategi pemerintah dalam mendorong perekonomian masyarakat di tengah pandemi COVID-19 ini.

"Saat ini sawit merupakan komoditas ekspor terbesar dan telah mampu menopang perekonomian masyarakat di tengah pandemi ini," katanya.

Harga Sawit di Bangka Belitung Tinggi

Gubernur memberikan pesan khusus agar petani selalu bersyukur dengan kondisi perekonomian Babel yang mengalami peningkatan. Hal ini dapat terlihat dari harga sawit yang berada pada kisaran Rp3.000 per kilogram.

"Saat ini harga minyak sawit tinggi dan saya minta bersyukur, sabar ketika harga rendah. Insya Allah kalau bersyukur, Allah SWT akan menambahkan nikmatnya," katanya.

Kepala Desa Nyelanding Nurdin mengaku sangat senang sekali dengan kunjungan orang nomor satu di negeri serumpun sebalai itu.

"Kami sangat senang dengan adanya lahan PSR ini, karena sangat membantu warga untuk mengelola perkebunan sawitnya," katanya.

Gubernur Babel Meninjau Panen Kelapa Sawit

Setelah membuat program PSR di Desa Nyelanding, selanjutnya Gubernur Kepulauan Babel melanjutkan peninjauan panen kelapa sawit di lahan seluas 300 hektar milik Rudi Alwi.

Pada kesempatan itu, Erzaldi Rosman Djohan sangat senang melihat banyaknya petani yang dipekerjakan, karena menjadi efek positif yang ditimbulkan atas perkebunan kelapa sawit milik Rudi sebagai putra daerah setempat untuk memberdayakan petani menuju kesejahteraan. 

Ikuti berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap lainnya.