Desak! 140 Negara PBB Tuntut Rusia Akhiri Invasi di Ukraina
Ilustrasi pasukan di tengah invasi Rusia ke Ukraina. (Wikimedia Commons/Mstyslav Chernov)

Bagikan:

PALEMBANG- Sebanyak 141 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akhirnya mengajukan pertanyaan kepada Rusia. Indonesia turut ambil suara dalam hal tersebut. PBB meminta agar Rusia segera menghentikan invasi militer di Ukraina.

Ada lima negara anggota yang menolak resolusi. Sedangkan 35 negara memilih abstain, dilansir dari  akun Twitter NBC News

Antonio Guterres, Sekretaris Jenderal PBB, melalui akun Twitter resminya menyampaikan bahwa Majelis Umum PBB mencerminkan kebenaran yang sebenarnya.

"Masyarakat dunia ingin agar penderitaan yang dialami oleh korban dari serangan di Ukraina tersebut segera berakhir," lanjut Guterres, Rabu, 2 Maret

PPB Ingin Perdamaian Rusia-Ukraina

Guterres menegaskan tekadnya untuk menghentikan aksi permusuhan yang terjadi dengan segala usaha. Dia juga mengupayakan negosiasi darurat demi terciptanya perdamaian di Ukraina.

"Saya akan terus melakukan segala upaya untuk menghentikan permusuhan dan mengupayakan negosiasi dengan segera sehingga perdamaian segera terwujud," katanya.

PBB Minta Rusia Menarik Militernya dari Ukraina

Sementara itu, Presiden Majelis Umum PBB, Abdullah Shahid menegaskan, resolusi tersebut menuntut agar  invasi Rusia  berakhir diakhiri. Rusia segera menarik semua pasukan militer dari wilayah diminta di dalam perbatasan yang diakui secara internasional.

Saya bersama dengan negara-negara anggota (PBB) ingin menyatakan kami terhadap 'laporan tentang serangan di berbagai fasilitas seperti, sekolah dan rumah sakit, serta serangan terhadap warga sipil, perempuan, lansia, dan penderita disabilitas serta anak-anak '," katanya, mengutip teks yang ia baca pada Rabu, berdasarkan laporan di situs resmi PBB.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.