Hari Raya Nyepi di Belitung; Umat Hindu Lakukan Catur Brata Penyepian, Empat Pantangan
Ritual pengarakan ogoh-ogoh di Desa Adat Girijati, Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Ritual Catur Brata Penyepian dilakukan oleh ratusan umat Hindu di Dusun Balitung, Desa Adat Girijati, Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung , dalam rangka Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944.

"Catur Brata Penyepian dilaksanakan mulai Kamis (3 /3) pukul 06:00 WIB hingga Jumat (4/3) pukul 06:00 WIB atau selama 24 jam," kata Sekretaris Desa Adat Girijati, I Gusti Ngurah Oka di Sijuk, Belitung, Kamis.

Menurut dia, selama Nyepi umat Hindu melaksanakan "Catur Brata Penyepian" yaitu empat pantangan yang wajib dilaksanakan dan dipatuhi antara lain tidak berkegiatan dan bekerja, tidak berkegiatan dan bekerja, tidak berpergian (amati lelungan) dan mengadakan hura-hura (amati lelanguan).

"Sedangkan untuk pelaksanaan puasa tergantung kemampuan dan kesadaran masing-masing yaitu melakukan puasa selama 24 jam," ujarnya.

Prosesi Hari Raya Nyepi di Belitung

Ia menambahkan, selama berlangsungnya "Catur Brata Penyepian" sebanyak enam pecalang akan berjaga dan berjaga-jaga pada Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 di desa adat setempat.

"Kami juga menyampaikan surat pemberitahuan kepada Kepolisian untuk koordinasi serta Satgas COVID-19 dalam pelaksanaan pengamanan Hari Raya Nyepi," katanya.

Dikatakan dia, apabila pelaksanaan "Catur Brata Penyepian" selesai maka rangkaian selanjutnya yaitu "Ngembak Geni" yang memiliki arti dapat bebas beraktivitas kembali seperti sedia kala.

Harapan Hari Raya Nyepi 2022

Ia berharap, melalui keheningan dan kesunyian Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 dapat membawa berkah bagi dunia serta berakhirnya pandemi COVID-19.

"Melalui keheningan dan kesunyian Nyepi 24 jam, dimana kita biasanya menghadapi hiruk pikuk dunia, maka melalui Nyepi dunia dibersihkan dengan harapan pandemi segera berakhir dan terciptanya kebahagiaan dan kebahagiaan," ujar dia. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.