Khuliner Khas Bali yang Disajikan saat Hari Raya Nyepi; Membuat 'Pulung Nyepi'
Ilustrasi Pulung Nyepi, makanan khas Bali dihidangkan saat Nyepi (Instagram/subtleasian.cooking)

Bagikan:

PALEMBANG - Ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika membicarakan Bali, yaitu makanan atau kulinernya. Kuliner khas Bali yang terkenal punya rasa yang kaya akan rempah. Kekayaan rempah disajikan dalam bentuk hidangan. camilan yang satu ini diberi nama Pulung Nyepi.

Cara membuat camilan Pulung Nyepi cukup sederhana dan mudah. Tidak membutuhkan banyak bahan dalam pembuatannya. Meskipun sederhana, namun punya rasa yang istimewa.

Khas Nyepi Tradisional Camilan

Pulung Nyepi, dilansir  Visit Bali , Kamis, 3 Maret, merupakan camilan tradisional khas yang pasti ada saat Hari Suci Nyepi. Bahkan makanan ini wajib dihidangkan sehari sebelum Nyepi. Pasalnya, makanan ini merupakan salah satu sesaji dalam upacara.

Di Desa Sukasada, Kabupaten Buleleng, Pulung Nyepi merupakan makanan tradisi secara turun temurun dari leluhur. Disebu sebagai  pulung nyepi karena diambil  dari pengalaman camilan ini dihidangkan, yaitu pada Hari Pengerupukan atau sehari menjelang Hari Raya Nyepi .

Cara Membuat Camilan Pulung Nyepi

Proses pembuatannya sangat sederhana apalagi bahannya. Bahan-bahannya terdiri dari tepung beras, tepung kanji, dan sedikit parutan kelapa. Diolah dengan dikukus saja. Cara pembuatannya pun tidak ribet, cukup dengan mencampurkan kedua jenis tepung dan parutan kelapa. Uniknya, bentuknya dipulung-pulung sehingga berbentuk lonjong. Tekstur kenyal, rasa sedikit manis, dan berpadu gurih bertabur kelapa parut di atasnya.

Sekilas, Pulung Nyepi mirip dengan  cenil,  makanan tradisional yang dijual di pasar. Tetapi secara warna, mirip dengan biji salak karena berwarna kecokelatan. Soal rasa, memang tak begitu tajam.

Camilan yang Dihidangkan saat Hari Raya Nyepi

Selain Pulung Nyepi, camilan lain juga wajib dihidangkan dalam hari suci umat Hindu di Bali, antara lain  jaja apem  dan kue celorot. Jaja  merupakan bahasa setempat untuk menyebut kue, bahannya terbuat dari tepung beras. Sama seperti dua sebelumnya, kue celorot juga berbahan butiran beras yang dihaluskan.

Ketiga jajanan di atas, bisa Anda temukan ketika Nyepi. Di pasar-pasar tradisional di Bali, banyak yang menjajakan camilan sederhana namun memiliki rasa istimewa.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.