3.000 Ditargetkan Ikut ADWI 2022; Kemenparekraf Ingin Kebangkitan Ekonomi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno ketika meninjau produk UMKM dan Ekonomi Kreatif Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Sejumlah 3.000 peserta ditargetkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat mengikuti acara Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Sandiaga Salahudin Uno mengatakan target peserta tahun ini lebih banyak disbanding tahun sebelumnya yang hanya 1.381 peserta.

"Tahun ini kami menargetkan jumlah peserta ADWI 2022 mencapai 3.000 peserta," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno di Tanjung Pandan, Minggu.

Ia mengatakan, program anugerah desa merupakan program yang tepat sasaran, manfaat yang tepat, tepat waktu serta adil dalam mendistribusikan sektor pariwisata sebagai kebangkitan ekonomi.

Manfaat Desa Wisata bagi Masyarakat

Desa wisata dapat menumbuhkan dan meningkatkan penghasilan masyarakat setempat sehingga terwujudnya ekonomi pariwisata yang berkeadilan.

"Jadi, bukan hanya hotel-hotel besar yang perlu kita datangi wisatawan, namun desa-desa wisata juga perlu menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi dan membuka lapangan kerja," ujarnya.

Kategori Penilaian ADWI 2022

Sandiaga menjelaskan, ada tujuh kategori penilaian ADWI 2022 antara lain daya tarik pengunjung atau atraksi, home stay, toilet umum, CHSE, digitalisasi dan konten kreatif serta kelembagaan desa.

"Pendaftaran dibuka hingga 31 Maret 2022. Mari daftarkan desa mu untuk menjadi desa wisata berkelas dunia, berdaya saing global dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit," katanya.

Ikuti terus berita dalam dan luar negeri di VOI Sumsel . Kami menyajikan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.