Bupati Bangka Mendorong Pemdes Menggali dan Mengembangkan Potensi Wisata, untuk Tingkatkan Ekonomi Desa
Bupati Bangka (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Seluruh pemerintah desa di Kabupaten Bangka didorong oleh Mulkan Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bisa menggali dan mengembangkan potensi wisata yang ada di wilayahnya masing-masing. Langkah tersebut dilakukan untuk  meningkatkan pendapatan desa.

"Pengembangan potensi desa wisata maupun potensi lainnya yang dimiliki desa perlu dilakukan guna menambah pendapatan desa," katanya di Sungailiat, Senin usai menerima penghargaan desa wisata binaan.

Mulkan menyarankan pemerintah desa dalam pemanfaatan dana desa yang diterimanya hendaknya difokuskan pada infrastruktur atau sarana pendukung pengembangan potensi alam di desa.

"Perlu dikembangkan potensi alam di wilayah desa untuk mewujudkan kemandirian sehingga jika suatu saat pemerintah pusat mengurangi atau menghentikan bantuan dana desa, pemerintah desa tersebut sudah memiliki anggaran yang dapat mencukupi kebutuhan nya," jelasnya.

Menggali Potensi Alam Desa di Bangka untuk Pengembangan Wisata

Dia menilai, motivasi pemerintah desa menggali dan mengembangkan potensi alam desa masih perlu ditingkatkan karena persoalan persiapan sumber daya manusia dianggap sudah cukup memadai.

"Untuk sumber daya manusia seorang kepala desa, saya rasa sudah cukup memadai karena rata - rata strata pendidikan setingkat SMA bahkan sarjana, begitu pula setiap desa terdapat tenaga pendamping sarjana desa," jelas Mulkan.

Empat Wisata Desa BInaan di Bangka

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Rismy Wira Madonna mengatakan, tercatat empat wisata binaan dan satu desa terbaik yang memperoleh penghargaan pada 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yakni Desa wisata Sungai Upang Tanah Bawah Punding Besar.

Kemudian Kampung Gedong Belinyu ditetapkan sebagai desa binaan, Desa Wisata Air Anyir serta Kampung Kapitan Belinyu ditetapkan sebagai desa binaan dan masuk dalam 300 desa wisata terbaik se Indonesia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.